Kemenangan Dramatis Afridza di Race 2 ATC Thailand

Afridza Syach Munandar berhasil finish di podium ketiga pada race 2.

THAILAND (DP) – Race kedua ajang Asia Talent Cup (ATC) yang digelar di Sirkuit Buriram, Thailand, Minggu (17/3), menjadi milik salah satu pebalap andalan Astra Honda Racing Team (AHRT), Afridza Syach Munandar.

Pada balapan kedua itu, pemilik motor bernomor 4 ini berhasil mengamankan podium ketiga pada race yang diwarnai dengan Red Flag tersebut, seperti dilansir Motorsport.

Seolah mengulangi jalannya race 1, Sabtu (16/3), pertarungan pada race 2 pun lagi-lagi melibatkan aktor yang sama, diantaranya Adenanta Putra, Takuma Matsuyama, Sho Nishimura.

Di rombongan terdepan turut bergabung pebalap tuan rumah Tachtakorn Buasri, yang turut meramaikan jalannya balapan sejak lap-lap awal. Saling susul menyusul pun terus terjadi, Adenanta kerap kali memimpin rombongan, meski digusur juga oleh Buasri.

Tak seperti kompatriot Adenanta yang langsung menekan selepas start, Afridza memilih untuk tampil tenang, sambil terus menjaga ritme agar tetap bertahan dalam barisan depan.

Baca juga:  Ubahan Minim Mitsubishi ASX Muncul di Eropa

Strateginya terbukti ampuh untuk terus bertahan di urutan keempat, karena beberapa kali mampu merepotkan para rival. Justru Matsuyama dan Buasri yang tampil ngotot.

Memasuki pertengahan lap, duel sengit terjadi antara Adenanta melawan Matsuyama dan Buasri, sedangkan Afridza kembali membayangi ketiganya. Ada pun, pemuncak klasemen sementara Nishimura ikut memanaskan persaingan.

Lima lap terakhir, Afridza mulai melancarkan serangan. Ia mengambil alih posisi puncak. Kendati demikian, Buasri, Nishimura, Matsuyama serta Adenanta tak tinggal diam. Dan berselang dua lap, Nishimura terjatuh saat tengah berduel.

Tersingkirnya sang pebalap Jepang itu membuat duel menyisakan antara Afridza, Matsuyama, Adenanta, bahkan Buasri. Sayang, balapan harus dihentikan ketika tersisa tiga lap.

Adalah kecelakaan Muhammad Idil Fitri Mahadi dan Firdaus yang menyebabkan Marshal mengibaskan Red Flag, tanda jalannya balapan harus dihentikan.

Hasil race 2 pun mengacu pada tiga lap terakhir atau tepatnya Lap 14. Hasilnya, Buarsi ditetapkan sebagai pemenang, Nishimura dianggap berhak finis kedua, dan Afridza mengisi podium terakhir.

Baca juga:  Mario Dkk Bakal Tampil Total di Seri Pamungkas ATC

Klasemen sementara masih dipuncaki Nishimura dengan torehan 90 poin, unggul 23 poin atas kompatriot Matsuyama. Buasri naik ke peringkat ketiga (57 poin), diikuti Adenanta yang turun pada peringkat keempat (53 poin), dilanjutkan Afridza melengkapi lima besar (52 poin).

Seri ketiga ATC akan dihelat di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia pada 14-16 Juni mendatang. [dp/MTH]