Yamaha Indonesia Dukung Program Pendidikan Vokasi Buat SMK

Yamaha Indonesia mendonasikan 129 unit sepeda motor dan 86 unit mesin kepada 43 SMK di Jawa Barat.

SUKABUMI – Dalam rangka mendukung program pendidikan vokasi yang dicanangkan oleh Pemerintah, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyerahkan donasi 129 unit sepeda motor dan 86 unit mesin kepada 43 SMK yang berdomisili di wilayah Jawa Barat.

Prosesi penyerahan donasi diwakili oleh SMK Al- Falah dan disaksikan langsung oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hamid Muhammad serta Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo bahwa pembangunan nasional saat ini difokuskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, maka perlu dilakukan berbagai program pendidikan dan pelatihan vokasi secara lebih masif,” jelas Airlangga.

Dalam acara ‘Peluncuran Program Pendidikan Vokasi Industri di Jawa Barat’, di Cicurug, Sukabumi, Senin (18/3) lalu, merupakan bentuk dukungan Yamaha Indonesia secara aktif dilakukan antara SMK dengan industri.

Teddy Cahyadi, Direktur Produksi YIMM mengatakan penyerahan donasi ini merupakan wujud nyata Yamaha Indonesia dalam mendukung program pemerintah guna meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Indonesia sesuai dengan kebutuhan dunia industri saat ini.

“Kedepannya Yamaha Indonesia akan terus melanjutkan kerja sama dengan berbagai SMK dan melakukan pembinaan kepada mereka melalui transfer of knowledge terkait teknik dan bisnis sepeda motor,” ucap Teddy.

Sejak tahun 2003 hingga kini, Yamaha Indonesia telah membina sebanyak 700 lebih SMK di seluruh Indonesia secara berkesinambungan guna melahirkan para lulusan yang terampil dan siap bekerja.

Upaya tersebut salah satunya diwujudkan melalui pengimplementasian materi Yamaha Technical Academy (YTA) pada kurikulum pembelajaran.

Selain itu, Yamaha Indonesia turut menghadirkan kelas khusus dengan menyediakan ruang teori dan ruang praktek berikut peralatannya yang sesuai dengan standar mutu perusahaan. Hingga 2018, kelas khusus Yamaha telah berhasil meluluskan lebih dari 4000 siswa SMK. [dp/MTH]