Fernando Alonso Jajaki Terjun di Reli Dakar Bersama Toyota Hilux


JOHANNESBURG (DP) – Fernando Alonso berpeluang melengkapi kiprahnya di ajang balap setelah ditawari Toyota Gazoo Racing Afrika Selatan menguji Hilux yang dirancang khusus untuk Reli Dakar.

Beberapa tahun lalu, juara dunia dua kali balap Formula 1 sudah menjajal berbagai tipe mobil balap, dan bahkan meraih juara balap ketahanan 24 jam Le Mans, Rolex 24, dan Sebring 1000.

Tahun ini, Alonso berharap dapat menambah koleksi gelarnya di ajang balap Indy 500, dan juga berpeluang tampil untuk kali pertama selama karier balapnya di ajang Reli Dakar.

Menurut laporan Race Fans, Alonso segera terbang ke Afrika Selatan pekan ini untuk menguji pickup Hilux di kawasan Johannesburg. Alonso punya hubungan erat dengan Toyota setelah ia membela panji Toyota di World Endurance Championship (WEC).

Sebenarnya tahun lalu Alonso pernah berujar bahwa ia tak berminat untuk bertarung di ajang balap off-road, tapi dengan beredarnya kabar terbaru ini, sepertinya sang Spaniard telah berubah pikiran.

Baca juga:  Akhirnya Fernando Alonso Naik Podium Lagi Bersama Toyota

Setelah berhasil menjuarai Daytona 24 Hour pada awal tahun ini, Alonso mengatakan kepada France 24 bahwa ia mempertimbangkan untuk tampil di berbagai kejuaraan balap mobil, tak terbatas hanya balapan di sirkuit. Pernyataan itu kian menguatkan asumsi Alonso sudah siap terjun di Reli Dakar.

“Ajang Daytona bukan bagian dari Triple Crown, tapi jika saya menang di Indianapolis, ini akan menjadi Quadruple Crown. Saat ini saya fokus penuh untuk berlaga di Indy 500. Saya sedang berpikir untuk mencoba ajang balap lain yang tidak digelar di sirkuit,” ucapnya.

“Tapi saya butuh berpikir, berencana, dan saya perlu memastikan saya cukup kompetitif, punya orang-orang yang tepat dan tim yang tepat serta persiapan yang bagus untuk mendukung saya. Apapun ajang itu, saya tidak akan tampil jika saya tidak cukup kompetitif atau saya tidak punya senjata untuk menang,” tandasnya. [dp/TGH]