Toyota Resmikan Fasilitas Pengetesan Mobil Buat Konsumen

TAM resmikan Toyota Driving Experience di Sunter, Jakarta Utara.

JAKARTA (DP) – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi mengoperasikan fasilitas Toyota Driving Experience (TDE) yang berada di Kantor Pusat TAM di Kawasan Sunter II, Jakarta Utara, Jumat (29/3). Adanya fasilitas test drive tersebut guna memberikan pengalaman berbeda bagi konsumen dan calon konsumen Toyota.

Fasilitas TDE menempati lahan seluas hampir 10 ribu m2 dan dirancang dengan berbagai simulasi pengendaraan. Sebelumnya, area ini diperuntukkan sebagai lahan parkir dan menyimpan unit stok yang akan dikirim ke tiap diler Toyota.

President Director TAM, Yoshihiro Nakata mengatakan adanya TDE ini untuk memberikan layanan yang melebih ekspektasi konsumen. Hal itu dikarenakan beragam simulasi mengemudi layaknya saat berkendara di jalan.

“Diharapkan adanya fasilitas TDE ini makin mendukung penjualan mobil-mobil Toyota sebagai bagian dari daya tarik tersendiri bagi konsumen,” tambah Nakata.

Ragam area tersedia mulai dari pengujian kenyamanan hingga kelincahan dengan berslalom. Selain itu juga ada area penguji kecepatan dan pengereman, plus bumpy road serta jalan menanjak.

Baca juga:  Tesla 'Dimadu', Panasonic Main Mata dengan Toyota

Paling menarik adanya area flooding tub, area pengujian saat melibas genangan air dengan kedalaman 20-30 cm. Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy menyebutkan investasi membangun fasilitas ini mencapai Rp5,5 miliar.

“Sejatinya dana segitu diakumulasikan untuk perbaikan dan pembuatan area pengetesan,” kata Anton lebih lanjut. Menurutnya, TDE ini untuk membantu aktivitas dealer di Jabodetabek bagi konsumen dan calon konsumennya.

Tapi dirinya menampik jika adanya fasilitas ini tidak lantas membuat kinerja dealer-dealer Toyota di Jakarta dan sekitarnya tidak optimal dalam melayani konsumen.

Anton menjelaskan di fasilitas TDE tersebut menyediakan seluruh lini produk Toyota yang dijual untuk bisa dicoba, kecuali Dyna karena areanya tidak memungkinkan.

“Dengan begitu mereka bisa menjajal seluruh unit yang ada, bahkan Alphard sekalipun bisa dicoba dan tidak harus unit yang bakal dipinangnya,” jelasnya.

“Fasilitas ini terbilang merupakan yang pertama untuk dealer-dealer Toyota di Jakarta. Bukan tidak mungkin TDE ini bakal ada di wilayah-wilayah lain, tergantung respons dan feedback dari sini,” pungkas Anton.

Baca juga:  Tantangan Teknologi Terkini Dihadirkan Toyota di GIIAS 2019

Untuk bisa memanfaatkan fasilitas tersebut, baik konsumen maupun calon konsumen dapat mengunjungi dealer resmi Toyota terdekat. Selanjutnya permintaan test drive mobil bisa diajukan ke tenaga penjual untuk melakukan pengaturan jadwal tes ke TDE.

Dengan ditemani oleh tenaga penjual, calon konsumen juga akan didampingi instruktur terlatih guna menjalani seluruh pengujian yang tersedia di TDE itu. [dp/MTH]