Kia Ceed Terbaru Raih Red Dot Awards 2019

Jajaran produk Kia Ceed meraih penghargaan Red Dot Awards atas desain yang ciamik.

SEOUL (DP) – Hasil karya Peter Schreyer, Presiden Desain dan Chief Design Officer Kia Motors, terus mendapatkan pengakuan dunia. Kali ini, tiga penghargaan didapatkan sekaligus untuk kategori desain di ajang Red Dot Awards.

Adalah Kia Ceed generasi ketiga yang dianugerahi tiga penghargaan itu untuk tiga varian dari mobil ini, yakni model hatchback lima pintu dan Sportswagon, diluncurkan pertengahan 2018, dan five-door shooting brake New ProCeed, yang mulai dijual di Eropa pada awal 2019.

Penghargaan tersebut diraih karena dinilai desain pada bodi ketiga model yang diproduksi di Slovakia itu cukup membius para juri. Tarikan garis bersih dan lurus jadi ciri desain New Ceed Family, yang terinspirasi dari New Kia Stinger.

The all new Kia ProCeed

Sedan sport fastback ini sendiri juga merupakan peraih penghargaan yang sama pada 2018 lalu. Dengan pencapaian ini, total penghargaan Red Dot Awards untuk desain mobil yang diraih Kia mencapai 24, sejak pertama kali menerima di 2009 silam.

Baca juga:  Jangan Salah Pilih, Ini Warna Toyota C-HR Paling Dicari

Hatchback Ceed lima pintu berdimensi lebih lebar dan lebih rendah dibandingkan pendahulunya. Dalam profilnya, pilar-C memberikan garis jendela atas bentuk ‘setengah bulan’ yang elegan.

Terlahir sebagai sportwagon, Ceed model ini memberikan ruang kabin lebih luas ketimbang sebelumnya yang menonjolkan desain kompak. Dimensinya bertambah panjang dan menawarkan ruang bagasi lebih luas (625 liter).

Sedangkan ProCeed model 2019 memiliki tampilan desain yang sama sekali baru bagi Kia, dan merupakan compact shooting brake pertama dari pabrikan. ProCeed menggabungkan desain menarik dan elegan, menonjol dari saudara kandungnya dengan postur dan proporsi yang unik.

Kia New ProCeed GT

Dengan tinggi 1.422 mm menjadi kendaraan terendah di segmen mobil berpenumpang. Elemen paling menonjol dari profilnya adalah garis atap dinamis, yang mengalir pada kaca depan belakang yang tajam.

Baik ProCeed dan Ceed menawarkan tipe ‘GT’, dibekali mesin 1,6 liter T-GDi (turbocharged gasoline direct-injection) dengan tenaga 203 hp.

Baca juga:  Toyota Ukir Sejarah, Juara Reli Dakar Bersama Al-Attiyah

Total tersedia enam mesin bensin dan diesel rendah emisi, yang masing-masing sesuai dengan standar emisi Euro 6d-TEMP baru, tersedia di seluruh tipe Ceed. [dp/MTH]