XM3 Inspire, Crossover Gado-gado Racikan Renault Samsung


BUSAN (DP) – Setahun setelah diperkenalkan tahun lalu sebagai konsep pra-produksi, SUV coupe Arkana yang ditargetkan untuk masuk pasar Rusia dan sejumlah negara lain di dunia, model tersebut kini siap masuk pasar Korea Selatan dengan nama Renault Samsung XM3 Inspire.

Bertepatan dengan ajang Seoul Motor Show 2019, brand anyar Renault Samsung memperkenalkan kepada publik sosok XM3 Inspire, yang notabene adalah perwujudan dari konsep Arkana.

Anak perusahaan Renault di Negeri Ginseng menyebutkan XM3 Inspire adalah cerminan era baru dari bahasa desain Renault Samsung Motors.

Yang terpenting, XM3 Inspire sebagai preview dari model versi produksi yang akan diluncurkan pada semester pertama 2020 untuk pasar Korea Selatan.

Lantas, apa perbedaan XM3 Inspire dibandingkan dengan Arkana? Sebenarnya tak banyak, kecuali warna dan emblemnya. Jika menyandingkan keduanya, perbedaan paling kentara adalah aksesoris yang sebatas kosmetik, yang meliputi aksen warna orange pada skid plate, bumper, dan side skirt, juga pemakaian velg alloy 19 inci berkelir lebih gelap.

Baca juga:  Inikah Model SUV Milik Bugatti?

Selain itu, ubahan terbesar yang dilakukan adalah pada bagian buritan, di mana XM3 Inspire dibekali desain bumper dan pelat metal yang berbeda dari Arkana.

Namun demikian, bagian interior dari XM3 belum terkuak. Tapi ini bukan yang pertama, karena foto-foto yang menampakkan bagian kabin Arkana juga belum tersebar.

“Dengan tujuan utama kami adalah untuk memenuhi ekspektasi konsumen kami di Korea Selatan, kami mencoba menciptakan mobil paling elegan di dunia, sebuah model yang menandai transformasi desain yang sesungguhnya dari Renault Samsung Motors,” kata direktur desain Groupe Renault, Laurens Van den Acker.

Renault Samsung XM3 yang akan diproduksi di pabrik Busan itu menjadi bagian dari rencana pabrikan mobil asal Perancis itu untuk mendongkrak penjualan di Korea Selatan. Langkah ini juga sebagai bagian dari rencana strategis Renault bertajuk “Drive the Future”, yang membidik penjualan tahunan sebanyak 5 juta pada 2022. [dp/TGH]