Menanti ‘Serangan’ Hyundai Sonata Turbo dan Hybrid di Segmen Sedan Medium


SEOUL (DP) – Di gelaran Seoul Motor Show 2019 yang baru saja berakhir, Hyundai memperkenalkan sedan Sonata generasi baru dengan desain keren yang terinspirasi gaya desain konsep Le Fil Rogue.

Hingga saat ini, pabrikan mobil asal Korea Selatan ini hanya menguak eksterior dan interior new Sonata, sementara informasi seputar mesin masih tertutup rapat.

Pada perhelatan Seoul Motor Show, Hyundai memajang Sonata 1.6 Turbo dan Sonata Hybrid.

Untuk yang disebut pertama, sedan sporty tersebut mengusung mesin 1.6-liter turbocharged bertenaga 180 horsepower. Tipe ini dibekali transmisi manual 6 percepatan sebagai peranti standar, tapi juga tersedia pilihan girboks matik 8 percepatan. Sedangkan Sonata Hybrid lebih mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dan pengemudian yang lembut.

Selain dari sisi mesin, Sonata 1.6 Turbo juga mengalami ubahan visual dibandingkan tipe standar, seperti bumper depan yang berdesain berbeda dengan side air intake berukuran lebih besar.

Baca juga:  Tanya Apa Saja Tentang Toyota, TARRA Siap Menjawab

Tampilan makin kental aura sporty dengan mesh grill berlabur kelir hitam, yang dijuluki Parametric Jewel.

Pada bagian belakang, Sonata 1.6 Turbo disematkan dua pipa knalpot dan desain bumper berbeda dari versi standar. Juga terdapat spoiler berbentuk unik untuk membantu meningkatkan kestabilan kendaraan saat melaju dalam kecepatan tinggi.

Tapi sayang performa Sonata 1.6 Turbo belum diungkap, termasuk kecepatan puncak dan kemampuan sprint 0 hingga 100km/jam. Kemungkinan detail performa dan spesifikasi tersebut diumbar saat dipamerkan di New York Auto Show pada April mendatang.

Demikian juga dengan Sonata Hybrid, Hyundai belum mau buka-bukaan terkait dengan dapur pacunya, kecuali tingkat konsumsi bahan bakar yang sanggup mencapai 20km/L.

Yang patut diacungi jempol untuk Sonata Hybrid ini adalah disematkannya atap panel surya yang berguna untuk mengisi daya baterai dan sanggup mendorong mobil sejauh 1.300km per tahun dengan hanya memanfaatkan daya listrik dari sinar matahari.

Baca juga:  New CB150 Verza Hadirkan Bodi dan Warna Baru

Dari foto-foto yang beredar terlihat Sonata Hybrid juga mengalami ubahan kosmetik, terutama bagian depannya. Dibandingkan dengan Sonata standar, gril model hybrid lebih kecil. Model ini juga menggunakan velg berbeda dari Sonata tipe standar dan Sonata 1.6 Turbo.

Baik Sonata 1.6 Turbo dan Sonata Hybrid dijadwalkan meluncur akhir tahun ini. [dp/TGH]