Toyota Corolla Altis Anyar Sudah Mendarat di Taiwan, Indonesia Menyusul?


TAIWAN (DP) – Kehadiran sedan all-new Toyota Corolla di Amerika dan beberapa negara lain tak urung mengundang rasa iri sebagian masyarakat di benua lain, termasuk Asia dan Asia Tenggara, karena sedan ini juga cukup populer di sini.

Penantian itu sepertinya akan segera berakhir setelah sedan Corolla generasi ke-12 ini sudah hadir di Taiwan, sehingga diharapkan tak lama lagi segera menyapa publik di kawasan ASEAN, termasuk Indonesia.

Yang diunggulkan dari sedan Corolla teranyar ini selain desainnya yang lebih sporty, juga ada pilihan mesin hybrid yang lebih efisien.

Untuk pasar Taiwan dan ASEAN, tipe yang bergaya elegan (Prestige) kemungkinan yang lebih diterima ketimbang varian yang bergaya sporty. Sementara untuk pasar Amerika Serikat dan Jepang memiliki selera sebaliknya.

Untuk sedan Corolla ini memiliki tampilan lebih mirip all-new Camry dibandingkan dengan Corolla hatchback atau wagon yang bergaya lebih sporty. Pada sisi depan, Corolla Altis model 2020 ini mengadopsi desain yang dipakai kebanyakan model Toyota lain, terutama Camry.

Baca juga:  Michelin Gandeng 500 Pelajar SMA Edukasi Berkendara Aman

Tapi untuk dedain lampu kabut dan rumah lampu kabut milik Corolla Altis menyerupai milik Alphard.

Sedangkan dari samping, garis atap Corolla Altis kini lebih membulat. Untuk buritan kini lebih tegas dengan lampu berukuran lebih besar, dipadu dengan bagasi yang dilengkapi spoiler ekor itik kecil.

 

Nah, untuk kabin sedan Corolla Altis tak jauh beda dedainnya dengan model hatchback dan wagon. Bagian depan dan tengah dashboard terdapat sistem infotainment layar sentuh bergaya melayang (floating). Adapun klaster instrumen juga mengalami pembaruan dan kini dilengkapi layar full LED screen untuk beberapa varian.

Di Taiwan, all-new Corolla Altis dilengkapi sejumlah fitur keselamatan terkini, seperti tujuh buah airbag sebagai peranti standar, heads up display, Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Alert (LDA) with steering assist, Lane Trace Assist (LTA), Road Sign Assist (RSA) dan Automatic High Beam (AHB). Juga ada Drive+ Connect system pada sistem infotainment.

Baca juga:  Hyundai Hadirkan The Grand Santa Fe Dengan 'Amunisi' Terlengkap

Beralih ke dapur pacunya, Corolla Altis di Taiwan ditawarkan dua pilihan mesin, yakni 1.8-liter 2ZR-FE bertenaga 140 PS dan torsi 173 Nm, yang disalurkan via transmisi Super CVT. Opsi lainnya adalah hybrid 1.8-liter bertenaga 122 PS dan dipadukan dengan transmisi E-CVT. Menurut Toyota Taiwan, varian hybrid terbaru ini sudah memiliki kemampuan self-charging. [dp/TGH]