Inikah MPV Mewah Kembaran Toyota Alphard Versi Lexus?


MANILA (DP) – Lexus belakangan kian memperluas jajaran produknya dengan merambah hampir semua segmen, kecuali minivan dan pickup. Tapi kini ada harapan Lexus akan melahirkan minivan mewah sekelas atau setingkat di atas Toyota Alphard.

Sejauh ini Alphard menjadi satu-satunya minivan eksekutif termewah di jajaran produk grup Toyota. Belum tahu apakah model yang ditampilkan fotonya berupa siluet ini mengambil basis Alphard atau bukan.

Biasanya, Lexus mengambil basis dari beberapa model Toyota untuk disulap sebagai model Lexus dengan sentuhan mewah yang menjadi ciri khasnya, seperti Toyota Land Cruiser yang dipermak menjadi Lexus LX570, atau dulu pernah Toyota Harrier diubah menjadi Lexus RX, meski kini RX menggunakan desain yang berbeda dari Harrier.

Pada foto vignette yang menampakkan bagian depan minivan tersebut, aura mewah sudah terpancar dari bentuk gril dan lampunya yang sudah mengadopsi spindle grille ala Lexus.

Baca juga:  Meluncur Esok Hari, Ini Estimasi Banderol Livina Anyar

Informasi yang berasal dari Lexus di China menyebutkan bahwa pabrikan otomotif Jepang itu akan meluncuran beberapa model baru di ajang Shanghai International Auto Show pada medio April mendatang. Namun, tak ada informasi yang secara detail mengungkap model-model anyar tersebut.

Dalam lamannya, informasi yang dirilis Lexus masih berbahasa China, dan bila diterjemahkan bunyinya kira-kira seperti ini, yaitu pada ajang Shanghai International Auto Show 2019, Lexus akan memperkenalkan model terbaru. Sekilas, disebutkan bahwa model itu akan memiliki ruang kabin yang luas, yang bisa saja berupa minivan.

Asumsi itu diperkuat oleh Lexus Taiwan, yang menampilkan posting Facebook untuk model baru tersebut dengan caption: The Luxury of Space.

Kendaraan yang logis bagi Lexus untuk model ini adalah kembaran Alphard. Minivan mewah memang model kendaraan terpenting yang belum ada dalam jajaran model Lexus.

Kalau itu benar adalah van atau MPV mewah, ada peluang selain China juga pasar Asia Tenggara yang akan mencicipinya, termasuk Indonesia tentunya, karena Toyota Alphard bersama Vellfire telah menjadi semacam ‘MPV wajib’ bagi kaum berduit di Tanah Air. [dp/TGH]