Duet Yamaha Trengginas di MotoGP Amerika

Maverick Vinales mampu kuasai FP2 usai menumbangkan juara bertahan Marc Marquez.

AUSTIN (DP) – Duo rider dari tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi mampu bertengger di urutan 1 dan 3, usai mengakhiri sesi latihan (FP) kedua, Sabtu (13/4), di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Texas.

Pada putaran ketiga gelaran MotoGP ini, Vinales berhasil menggusur Marc Marquez dengan catatan waktu 2 menit 3,857 detik, atau 0,044 detik. Hasil tersebut juga lebih baik dari yang dicapai The Baby Alien pada FP1 yaitu 2’05.311.

Mengantisipasi turunnya hujan, seluruh pebalap tampil ngotot menjelang berakhirnya sesi. Adapun sebelumnya, FP2 dikuasai Marquez, walau kemudian diambil alih Jack Miller ketika menyisakan waktu tiga menit.

Vinales mampu mengukir pebalap tercepat pada dua menit terakhir. Berupaya menggusur sang kompatriot, Marquez memang berhasil memperbaiki catatan waktunya, tetapi hanya cukup mengantarkan dirinya pada posisi kedua.

Tempat ketiga diamankan Rossi atau terpaut 0,146 dari Vinales. Di belakangnya ada Jack Miller, diikuti Cal Crutchlow dan Alex Rins yang membawa Suzuki menduduki urutan keenam. Lalu, pebalap KTM, Pol Espargaro, berhasil di tempat ketujuh.

Baca juga:  Kesabaran Berbuah Kemenangan Bagi Marquez

Duet Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli dan rookie Fabio Quartararo, secara berurutan menempati posisi kedelapan serta kesembilan. Sedangkan 10 besar disudahi oleh rekrutan baru Pramac Racing, Francesco Bagnaia, sekaligus memaksa Andrea Dovizioso posisi ke-11.

DesmoDovi bukan satu-satunya yang terlempar dari 10 besar. Sejumlah nama besar lainnya, yakni Danilo Petrucci, termasuk pula Jorge Lorenzo yang akhirnya mengisi slot ke-16. Sementara urutan terbawah, kembali ditempati Hafizh Syahrin. [dp/MTH]