Toyota Jual Teknologi Listrik ke Startup China


BEIJING (DP) – Toyota Motor Corp. setuju untuk menjual teknologi mobil listrik kepada Singulato, perusahaan rintisan (startup) China yang tengah giat mengembangkan kendaraan listrik.

Sebagai imbalannya, Toyota akan mendapatkan hak preferensi untuk membeli green-car credit atau insentif pajak yang akan didapat Singulato berdasarkan sistem kuota baru Negeri Panda untuk kendaraan listrik murni dan plug-in hybrid.

Tak hanya itu, raksasa otomotif Jepang ini juga dapat memantau operasional Singulato dan strategi mereka dalam upaya memenangi persaingan di pasar yang kian ketat, kata CEO Singulato, Shen Haiyin, yang didampingi dua pejabat Toyota, seperti dilansir Autonews.

“Dengan elektrifikasi, teknologi mobil otonom dan car-sharing yang mengubah industri otomotif saat ini, maka cara-cara lama perlu dikaji lagi,” ujar salah satu sumber di Toyota yang enggan diungkap identitasnya.

“Kami memiliki teknologi otomotif terdepan selama berpuluh-puluh tahun, tapi kami harus tetap membumi untuk belajar dari para pendatang baru,” imbuhnya.

Baca juga:  Vale Indonesia Siap Pasok Bahan Baku Baterai Mobil Listrik

Dalam kesepakatan itu, Singulato juga akan mendapatkan lisensi untuk menggunakan desain Toyota eQ, mobil listrik mungil racikan Toyota. Nantinya Singulato akan menggunakan model tersebut untuk mengembangkan mobil konsep listrik.

Singulato akan mendesain ulang model milik Toyota tersebut dan disesuaikan dengan selera konsumen China. Ditargetkan, mobil listrik ini bakal dirilis awal 2021, dengan harga lebih terjangkau dan memiliki daya jelajah lebih jauh.

“Kesepakatan ini memberikan kami cara untuk menghemat waktu dan biaya dalam mengembangkan mobil yang handal,” tutur Shen kepada Reuters.

Untuk diketahui, Singulato adalah perusahaan rintisan yang didirikan pada 2014, yang didukung oleh Intel Corp. dan Itochu Corp.

Singulato berencana memasarkan mobil listrik pertamanya yang diberi nama iS6 tahun ini, bersaing dengan sejumlah mobil listrik lansiran perusahaan rintisan asal Negeri Tirai Bambu lainnya, seperti Nio dan WM Motor. [dp/TGH]