Ini Penampakan Mobil Pedesaan AMMDes Jadi Feeder Ambulans


JAKARTA (DP) – Keunikan dan kemampuan Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) telah membuat kendaraan karya anak bangsa ini dilirik oleh sebuah lembaga Amerika Serikat untuk menunjang kegiatan mereka memberikan bantuan kemanusiaan di daerah terpencil.

Disebutkan bahwa United States Agency for International Development (USAID) berencana menggunakan Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) sebagai ambulance feeder di wilayah bermedan berat dan minim infrastruktur jalan.

“Fleksibilitas desain dan ketangguhan yang dimiliki oleh AMMDes dapat dimanfaatkan oleh perangkat desa dan masyarakat untuk sama-sama mengurangi angka kematian ibu melahirkan,” kata Direktur Industri Maritim Alat Transportasi dan Alat Pertahanan, Direktorat Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Putu Juli Ardika, awal pekan ini.

Teknologi yang ada di AMMDes sama dengan teknologi yang ada di kendaraan 4 WD (Wheels Drive) sehingga memiliki kekuatan yang sangat cocok untuk menembus medan berat dan menjemput atau mengantar ibu hamil ke rumah sakit terdekat.

AMMDes juga dilengkapi dengan sistem keamanan yang sangat baik, karena keempat rodanya sudah dilengkapi dengan rem cakram dan mampu melaju hingga 55 km/jam. Kendaraan yang suku cadangnya didominasi oleh buatan pabrikan dalam negeri ini juga dilengkapi dengan teknologi engine power take off (PTO), sehingga membuat kendaraan tidak mudah slip saat berhadapan dengan medan licin.

Melalui AMMDes juga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas petani di desa. Sifatnya yang multiguna membuat AMMDes memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh jenis mobil pedesaan lainnya.

Presiden Direktur PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) Reza Treistanto menuturkan, melalui AMMDes produktivitas petani dan juga industri kecil menengah (IKM) bisa semakin terdorong. Pasalnya, terdapat 63 perusahaan lokal yang terkait dalam proses pembuatan AMMDes, ditambah efek dominonya yang juga bisa dirasakan oleh masyarakat luas.

“AMMDes dijual juga beserta aplikasinya. Nah, aplikasinya ini dibuat oleh anak bangsa, mulai dari mesin pengolahan beras, pengolahan jagung, pengolahan kopi dan masih banyak lagi, multiplier effect-nya dapat dirasakan oleh semua,” ujarnya.

KMWI selaku produsen dari AMMDes mulai berencana menggenjot penjualan AMMDes di berbagai wilayah. Tingginya potensi penjualan dan juga banyaknya efek positif yang bisa dihasilkan dari hadirnya AMMDes di pedesaan menjadi salah satu alasan perusahaan untuk memaksimalkan ragam jalur pemasaran yang dimilikinya. [dp/TGH]