Mitsubishi Raih Penjualan Ritel 34.100 Unit di Kuartal I

Penjualan Xpander sepanjang kuartal pertama 2019 berkontribusi besar pada penjualan Mitsubishi di Indonesia.

JAKARTA (DP) – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) menyelesaikan kuartal pertama 2019 dengan hasil memuaskan. Sepanjang periode Januari-Maret lalu tergapai angka penjualan ritel sebanyak 34.100 unit.

Dari jumlah tersebut, Mitsubishi Xpander terus membubuhkan angka penjualan positif dan keluar sebagai penyumbang terbesar untuk kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia.

Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, mengatakan lini produk Mitsubishi mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari masyarakat. Tidak hanya Xpander, Pajero Sport, Triton dan L300 juga mendominasi di segmennya sejak Januari hingga Maret 2019.

Secara rinci, penjualan Xpander tergapai 17.902 unit dan diklaim mendominasi hingga 31,4% segmen small MPV pada basis retail. Hadirnya model Flagship Small MPV Mitsubishi ini juga berkontribusi signifikan terhadap angka penjualan MMKSI pada awal 2019.

Sebagai informasi, sejak diluncurkan sampai Maret lalu, Xpander telah membukukan penjualan ritel sebesar 100.000 unit. Jumlah itu tercapai hanya dalam kurun waktu 18 bulan sejak dirilis pada Agustus 2017.

Baca juga:  Prestasi Perdana Aldio Oekon di Kelas ETCC 2000 Pro

Kontribusi positif juga diberikan dari Pajero Sport, yang diklaim memimpin pasar middle SUV 4×2 pada basis retail dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 45,7% selama kuartal pertama 2019.

Hal yang sama pada segmen middle SUV 4×4 pada basis retail, Pajero Sport memimpin pasar dengan penjualan sebesar 471 unit sepanjang periode tersebut.

Sementara penjualan kendaraan niaga ringan Mitsubishi dari dealer ke konsumen juga mendapatkan capaian positif pada periode Januari-Maret 2019 dengan penjualan sebesar 10.537 unit.

L300 yang mengisi pick up small class 4×2 berkontribusi besar dengan pencapaian pangsa pasar sebesar 76,7%, yang diklaim memimpin pasar di kelasnya dengan torehan angka penjualan 6.802 unit.

Diikuti Triton dengan perolehan pangsa pasar 61,1%, dan berhasil memimpin di pasar pick up small 4×4 untuk penjualan retail.

“Capaian ini juga telah mengantarkan MMKSI menjadi distributor no. 1 dalam sales performance untuk penjualan Mitsubishi Motors Global pada April 2018 – Maret 2019. Kami berkomitmen untuk terus berupaya memperbaiki dan meningkatkan kualiatas layanan penjualan serta purnajual Mitsubishi Motors di Indonesia,” pungkas Irwan.

Baca juga:  IMEC Gelar Kopdargab Plus Pemberian Santunan

Sejak April 2019, MMKSI telah mengoperasikan 143 dealer resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di seluruh Indonesia, dan masih akan terus bertambah hingga 153 dealer hingga akhir Maret 2020. [dp/MTH]