Mengintip Kemewahan Lexus LM, Versi Toyota Alphard yang Naik Kelas


SHANGHAI (DP) – Jika diandaikan sebagai pesawat komersial, Toyota Alphard adalah MPV di kelas bisnis karena memberikan kenyamanan lebih.

Tapi sepertinya Toyota ingin yang lebih dari sekadar kelas bisnis. Makanya melalui Lexus, raksasa otomotif Jepang ini mencoba bermain di kelas utama alias first class.

Bagi Lexus sendiri, mereka tak terlalu sulit untuk menyulap Alphard agar naik kelas. Pasalnya, Alphard menjadi MPV termewah Toyota dan juga menjadi salah satu model populer dan mewah di kelasnya. Apalagi Lexus sudah kesohor kemampuannya dalam menciptakan kendaraan mewah untuk menyaingi merek-merek mapan asal Eropa.

Di jajaran model Lexus, MPV yang ‘dipinjam’ dari Toyota ini diberi nama LM. Ada dua varian yang ditawarkan, yaitu LM 350 dan LM 300h.

Selain fitur dan material yang lebih berkelas, yang membedakan LM dengan Alphard adalah bagian wajah yang mengadopsi desain spindle grille ala Lexus, serta lampu belakang yang lebih ramping namun terlihat lebih keren. Ditambah lagi dengan desain velg dan sejumlah panel berlapis krom, yang membuat LM berbeda dengan Alphard.

Melongok kabin LM, aura mewah langsung terasa, terutama keberadaan partisi untuk memisahkan kabin depan dengan belakang. Layout seperti ini mengingatkan pada limusin, yang menyediakan privasi bagi penumpang, sehingga pembicaraan mereka tak terdengar oleh sopir.

Asyiknya, pada partisi tersebut terpasang layar ukuran 26 inci, kulkas, jam dan tempat menyimpan payung.

Keberadaan tempat duduk belakang yang hanya dua buah adalah untuk memberikan kenyamanan optimum kepada penumpang, yang dapat mengendalikan hampir semua fungsi di kabin dan tempat duduk melalui panel sentuh di konsol tengah.

Lexus LM yang mejeng di Shanghai Auto Show 2019 yang dibuka pekan ini, adalah varian bertempat duduk empat penumpang, dengan bangku belakang bisa direbahkan hingga nyaris rata.

Tapi ada juga varian 7 penumpang dengan tiga baris tempat duduk, yang juga bisa digunakan para pebisnis mapan sebagai mobil keluarga.

LM 350 dan LM 300h dibekali mesin 2.5-liter Atkinson-cycle dan juga disematkan sistem hybrid. Kedua varian itu disematkan sistem penggerak roda depan dan juga all-wheel drive.

Lexus LM akan dipasarkan di China dan beberapa negara Asia dalam waktu tak terlalu lama lagi. [dp/TGH]