Konsep HabaNiro, Jembatan Kia Menuju Mobilitas Masa Depan


NEW YORK (DP) – Kia HabaNiro adalah salah satu mobil konsep yang cukup mengundang perhatian para pengunjung New York International Auto Show 2019 lalu. Apa istimewanya?

Tentu selain desainnya yang unik dan kekinian, konsep ini juga berbekal teknologi listrik murni yang menawarkan daya jelajah lumayan jauh untuk sekali isi baterai secara penuh, yakni 300 mil (483 km).

Meski tak disebutkan detail spesifikasi baterainya, tapi diklaim berteknologi terkini dan berperforma mumpuni.

Dengan DNA crossover, Kia menempatkan tempat duduk untuk empat orang, dan mengadopsi sistem penggerak empat roda dan tekonologi otonom level 5 yang canggih.

HabaNiro menggunakan velg ukuran 20 inci, dengan overhang pendek di bagian depan dan belakang, yang membuat tongkrongan crossover ramah lingkungan ini terkesan gagah.

Tampilan makin sporty dan keren berkat penggunaan skid plates aluminium berkelir satin dan aksen warna merah cerah pada pilar C.

Baca juga:  Honda e Resmi Dijual Mulai Musim Panas 2020

Semakin keren dan menjadi pusat perhatian dengan adanya daytime-running lights yang berkedip layaknya denyut jantung, sehingga mengesankan mobil ini hidup.

Gaya desain yang kekinian, ditambah dengan pintu bergaya sayap kupu-kupu, menandakan konsep ini siap menuju mobilitas masa depan, demikian penjelasan resmi Kia.

Di dalam kabin HabaNiro, teknologi pintar dan terkini seperti berlomba keren dengan bagian eksteriornya. Interior konsep ini didominasi kelir merah lava, sedangkan keseluruhan kaca depan bertransformasi menjadi head-up display, yang dikendalikan melalui touchpad yang terpasang di atas panel instrumen.

Didukung Technical Option Sharing System (TOSS), pengguna akan mudah mengatur ulang segala fungsi yang tertayang di kaca depan.

Kenyamanan penumpang diatur oleh teknologi bernama Perimeter Ventilation System. Teknologi ini mengalirkan udara ke seluruh kabin. Nuansa modern juga terpancar dari lantai yang berpola geometris dengan cahaya ambient lembut.

Sebagai mobil self-driving, HabaNiro memiliki setir dan panel instrumen yang bisa dilepas ketika beroperasi dengan mode otonom. Dengan begini, akan tercipta ruang kabin yang lebih luas dan lebih nyaman bagi penumpang.

Baca juga:  Mitsubishi Motors Tampilkan SUV Listrik di Tokyo Motor Show 2019

Kita tinggal menunggu apakah Kia akan memproduksi HabaNiro atau hanya sebatas konsep. [dp/TGH]