Permintaan Tinggi, Penjualan All New Terios Terkendala di Sumatera

Budhy Lau, Manager Area Sumatera PT Astra Internasional Daihatsu Sales Operation.

BENGKULU (DP) – Sejak diluncurkan akhir November 2017 silam, Daihatsu All New Terios memang belum menunjukkan angka penjualan yang signifikan dibandingkan All New Xenia atau bahkan pemuncak penjualan lini produk Daihatsu di Indonesia, Sigra.

Meski begitu cukup diakui bahwa low SUV andalan pabrikan berlambang ‘D’ ini masih tetap perkasa di daerah-daerah di luar Ibu kota Jakarta dan sekitarnya.

Hal ini diamini oleh Budhy Lau, Manager Area Sumatera PT Astra Internasional Daihatsu Sales Operation, dengan kontur jalan yang banyak dihiasi menanjak dan menurun di area perbukitan seperti di Sumatera, respon All New Terios cukup baik.

“Permintaan konsumen pada All New Terios tergolong bagus khususnya di wilayah Sumatera. Kondisi geografis yang berbeda dengan di Pulau Jawa, menjadikan unit kami ini bisa diterima oleh pasar khususnya di Bengkulu ini,” ujar Budhy di Bengkulu, Sabtu (27/4) lalu.

Baca juga:  Grand New Xenia Belum Jadi Andalan, Sigra Masih Teratas

Faktor lainnya, lanjut Budhy, Sebabnya adalah kondisi jalan plus jarak antar kota juga jauh. Di sisi lain, lanjut Budhy, model SUV seperti All New Terios cukup mumpuni dan menjadi pilihan konsumen dikarenakan antar kota maupun antar kabupaten cukup jauh.

Inden All New Terios di area Sumatera mengular hingga 8 bulan.

Meski begitu Budhy mengakui ada kendala dalam distribusi ke daerah-daerah tertentu sehingga masa tunggu konsumen menjadi lama. Terlebih lagi bila konsumen memilih tipe dan warna tertentu.

“Di Bengkulu misalnya, konsumen yang memilih tipe matik adalah paling lama. Masa tunggu tercepat di cabang-cabang tertentu 3 bulan dan paling lama 8 bulan. Sementara untuk warna favorit masih mengikuti penjualan Daihatsu nasional seperti putih, hitam silver dan tipe dengan paket aksesoris,” lanjutnya.

Budhy menjelaskan bahwa gaya hidup sudah berubah, apalagi di kota kondisi jalan macet, mereka kalau sudah pakai matik tidak mau pakai manual. Jadi sudah mulai beralih terutama kota besar seperti Jakarta, Medan, Palembang, Surabaya.

Baca juga:  Komunitas MAXI Sukses Gelar Kontes Mobil Di Kemayoran

Terkait varian, Budhy menuturkan tipe X menjadi yang terlaris dikarenakan banderolnya yang termurah dibandingkan varian All New Terios lainnya. Sedangkan tipe R Deluxe AT dengan aksesoris paling lengkap, juga banyak dipilih oleh konsumen.

“Penjualan Terios di Bengkulu sangat baik, dengan kontribusi 21,5%. Cukup bagus, karena di area Sumatera dan nasional baru 17%, jadi lebih baik di kedua wilayah itu,” pungks Budhy. [dp/MTH]