Kaisar Jepang Naruhito Pilih Toyota Century Jadi Mobil Kekaisaran


TOKYO (DP) – Pada 1 Mei ini, Pangeran Naruhito naik tahta dan resmi menjadi Kaisar Jepang yang baru menggantikan sang ayah, Akihito, yang turun tahta pada 30 April.

Dengan naiknya Naruhito sebagai Kaisar Jepang, maka dimulailah Zaman Reiwa, yaitu zaman selanjutnya di Jepang yang dimulai pada tanggal 1 Mei 2019, satu hari setelah Kaisar Akihito turun tahta dan menjadikan Naruhito sebagai Kaisar Jepang yang ke-126.

Memasuki era baru di bawah Kekaisaran Naruhito, maka berubah pula segala hal yang melekat pada masa Kaisar Akuhito, termasuk soal kendaraan resmi kekaisaran.

Jika di era Akihito, Rolls-Royce menjadi bagian dari armada kendaraan resmi Kekaisaran Jepang, maka pada era ‘Reiwa’ baru, Toyota Century yang terpilih, termasuk untuk digunakan dalam prosesi naik tahta.

Adapun Toyota Century yang akan mengantarkan Naruhito menjalani prosesi naik tahta adalah versi khusus bergaya one-off convertible, dan akan menggantikan Rolls-Royce Cornish III yang telah digunakan sang ayah dalam upacara naik tahta pada 1990 silam.

Baca juga:  Wow, Kini THS-Auto2000 Home Service Jangkau Area Pertambangan

Pemilihan Toyota Century sebagai kendaraan Kekaisaran Jepang yang baru di bawah Kaisar Naruhito sudah sangat tepat. Selain memiliki gaya aristokrat, Century juga buatan dalam negeri serta menawarkan kenyamanan, kemewahan dan beragam fitur canggih yang tak kalah dari mobil mewah Eropa.

Perlu Anda tahu, Century adalah sedan Toyota yang generasi terbarunya diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show 2017. Dibandingkan generasi sebelumnya, Century anyar ini memiliki bodi dan wheelbase, sehingga memberikan ruang lebih lega bagi penumpangnya. Namun demikian, gaya desain kotak nan aristokratis tetap dipertahankan.

Untuk interiornya, kemewahan terpancar dari balutan pelapis tempat duduk berbahan wool yang unik. Tapi ada juga opsi dengan lapisan kulit.

Demi memanjakan penumpang, tempat duduk belakang dilengkapi alat pijat. Di kursi belakang ini juga terdapat panel multi control untuk mengendalikan beragam fungsi, seperti AC, posisi tempat duduk dan sistem audio.

Baca juga:  Auto2000 Raih Penghargaan Indonesia Best Brand Award 2019

Toyota Century generasi sekarang mengusung mesin 5.0-liter V8, yang disandingkan dengan Hybrid System II. Paduan itu menghasilkan tenaga total 430 horsepower, lebih besar ketimbang mesin lawas V12.

Untuk saat ini, foto-foto yang menampakkan Century bergaya open top alias convertible yang akan dipakai Kaisar Naruhito belum beredar, tapi publik akan melihat lebih jelas penampakannya saat debut dunia dalam sebuah parade pada Oktober mendatang. [dp/TGH]