Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman di Jalur Tol Trans Jawa

Ignasius Jonan saat meninjau SPBU 575B Ngawi dan SPBU 519B Solo, untuk memastikan kesiapan jelang arus mudik dan balik Lebaran.

SURABAYA (DP) – Pertamina (Persero) mengklaim pasokan BBM sepanjang jalur Tol Trans Jawa dalam kondisi yang cukup, terutama menghadapi arus mudik dan balik pada masa Idul Fitri 1440 H kelak.

Kepastian tersebut dibuktikan dengan ketersediaan 112 titik layanan BBM di sepanjang jalur tol, baik dengan adanya SPBU regular maupun SPBU modular.

Langkah persiapan pun dilakukan sejak dini, lewat peninjauan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan didampingi Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, Direktur Pemasaran Pertamina Mas’ud Khamid di jalur tol Surabaya-Semarang, Sabtu (11/5) lalu.

Pada kesempatan tersebut, rombongan meninjau dua titik SPBU yaitu SPBU 575B Ngawi dan SPBU 519B Solo. Kedua SPBU itu sudah beroperasi dan dapat melayani kebutuhan BBM masyarakat yang melintasi jalur tol.

Disiapkan juga 50 unit motors BBM guna mengantisipasi kemacetan di titik-titik rawan arus mudik.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan, Pertamina menyiapkan setidaknya ada 112 titik layanan BBM di sepanjang jalur Tol Trans Jawa yang membentang dari Merak hingga Pasuruan.

Baca juga:  Begini Siasat KTB Dorong Penjualan Fighter

Titik-titik ini terdiri dari 44 SPBU, 25 Mobile Dipenser (Mobil Tangki yang dilengkapi flowmeter) dan 43 Kios Pertamina Siaga. Plus 50 unit motor BBM (motor pengantar BBM) dan jaminan stok BBM di SPBU diperkuat dengan adanya 19 titik kantong BBM.

“Kami berusaha maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik. Diharapkan dengan adanya titik pelayanan BBM ini dapat memberikan rasa tenang dan aman kepada pemudik,” ujarnya.

Mengantisipasi faktor kelelahan akibat perjalanan yang panjang, Pertamina berencana menyiapkan 9 titik Rumah Pertamina Siaga di sepanjang jalur Tol Trans Jawa sebagai tempat istirahat bagi pemudik.

Pertamina juga menyediakan tempat istirahat yang nyaman, dilengkapi berbagai fasilitas.

Selain itu, dalam Serambi Pertamax ini juga akan disediakan layanan pijat, tempat bermain anak, dan lain-lainnya untuk sekedar melepas lelah dan penat di perjalanan.

“Mengingat keselamatan berkendara adalah yang utama, kami menyarankan pemudik untuk beristirahat cukup di sela-sela perjalanan jauhnya,” tambah Fajriyah.

Baca juga:  Toyota Hilux Facelift Juga Sasar Varian Bawah 

“Salah satunya bisa mampir di Rumah Pertamina Siaga yang tersedia di beberapa titik. Untuk mengetahui lokasinya bisa melalui aplikasi MyPertamina dan WAZE. Layanan ini tersedia mulai H-10 Idul Fitri,” ujarnya.

Layanan Jalur Tol Jawa Timur dan Jawa Tengah

Untuk memberi kenyamanan para pengendara yang melalui jalur tol di wilayah Jawa Timur, Pertamina akan menyiapkan 11 SPBU dan 1 Kios Pertamina Siaga di jalur tol sepanjang Surabaya – Solo.

Sementara di jalur tol Surabaya-Malang dan Surabaya-Probolinggo, juga akan disiapkan tujuh SPBU dan satu Kios Pertamina Siaga.

Sedangkan di jalur tol wilayah Jawa Tengah, Pertamina menyediakan enam SPBU Reguler dan 16 Kios Pertamina Siaga baik di jalur mudik maupun arus balik.

Selain itu, Pertamina juga menyiapkan empat titik Rumah Pertamina Siaga yang tersebar di beberapa lokasi jalur tol di wilayah Jawa Tengah saja. [dp/MTH]