Luncurkan Tiga Aplikasi Baru, Basis e-Commerce Makin Diperkuat SERA

SERA resmi meluncurkan tiga aplikasi terbaru guna memudahkan konsumen, yaitu mobil88 e-store, TRAC To Go, dan IBID Live Auction.

JAKARTA (DP) – Transformasi konsumen yang makin banyak ‘berselancar’ untuk mencari segala sesuatunya melalui gawai, makin disikapi serius oleh PT Serasi Autoraya (SERA). Atas dasar inilah salah satu anak perusahaan PT Astra International ini kian serius mendalaminya.

Pergeseran tersebut dijawab dengan diluncurkannya tiga produk digital terbaru yaitu mobil88 e-store, TRAC To Go, dan IBID Live Auction.

Tiap aplikasi tersebut diklaim memudahkan calon konsumen mencari kebutuhannya, mulai dari transaksi jual beli, sewa, hingga lelang kendaraan yang selama ini masih dilakoni secara offline, alias bertatap muka.

Selain itu, adanya ketiga aplikasi ini diharapkan mampu membantu konsumen yang ingin mencari kendaraan jelang momen Lebaran maupun libur sekolah yang tinggal beberapa pekan ke depan.

Firman Yosafat Siregar, Presiden Direktur SERA mengakui peluncuran ketiga aplikasi ini merupakan bentuk respon atas tren konsumen yang saat ini lebih mengunggulkan akses informasi dan transaksi secara online melalui ponsel pintar.

“Kami ingin menambah layanan ke konsumen melalui online servis. Kebetulan bisnis yang kita tawarkan cukup seksi ini merupakan bisnis yang tumbuh paling cepat dalam 10 tahun terakhir,” ujar Firman di Jakarta.

Baca juga:  Mitsubishi Raih Peringkat Tertinggi CSI 2018

Lebih lanjut Firman menambahkan bahwa layanan tersebut juga sekaligus untuk lebih menjangkau konsumen di seluruh Indonesia.

Salah satu unit bisnis SERA, mobil88 yang bergerak di bidang penjualan mobil bekas, mulai menerapkan aplikasi digital sehingga pembeli mobil bisa melihat kondisi kendaraan hanya melalui telepon genggam.

Halomoan Fischer, Presiden Direktur mobil88, mengatakan jika sebelumnya pelanggan harus datang ke showroom, maka melalui aplikasi itu, konsumen bisa langsung melakukan transaksi secara online.

“Ini sangat memudahkan bagi calon konsumen kami, meski pada akhirnya mereka pasti akan datang ke showroom kami yang tersebar di seluruh Indonesia,” ucapnya di tempat yang sama.

Namun, lanjut Fischer, dengan adanya aplikasi tersebut konsumen tidak membuang waktu percuma. Sebab di dalamnya, kondisi mobil bisa dilihat secara utuh baik dari luar maupun di dalam kabin.

“Pada aplikasi kami sediakan kamera 360 untuk membantu konsumen melihat secara detail penampakan dari mobil yang menjadi bidikannya, sangat membantu,” tambahnya.

Baca juga:  Buat Mudik Lebaran, TRAC Punya Promo 'Ayo Mudik'

Calon konsumen juga bisa request booking online untuk memesan kendaraan dan layanan test drive mobil. Tersedia juga opsi pembayaran beragam dari transaksi pembayaran secara penuh, pembelian secara kredit ataupun pembayaran booking fee saja.

Ada juga fitur kalkulator kelayakan kredit untuk menghitung simulasi angsuran dan mengetahui kelayakan pengajuan kredit, fitur banding mobil, hingga tampilan foto mobil secara komprehensif mulai dari eksterior sampai mesin.

Sewa Mobil dan Bus, Hingga Lelang Beragam Kendaraan

Bisnis rental kendaraan yang kian berkembang dalam beberapa tahun terakhir, pun dijawab oleh TRAC dengan menghadirkan TRAC To Go. Adanya aplikasi ini konsumen yang ingin menyewa baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis semakin dimudahkan.

Hadi Winarto, Direktur SERA dan TRAC-Astra Rent a Car, menjelaskan aplikasi ini hadir untuk menawarkan sewa kendaraan, dari mobil keluarga kecil, menengah hingga bus. Layanan ini juga menawarkan opsi dengan jasa supir atau mengemudi sendiri.

“Pelanggan dapat menikmati sewa mobil dan penjemputan dari bandara dengan pemesanan yang dapat dilakukan 12 jam sebelum waktu penjemputan di berbagai lokasi di Indonesia dengan berbagai pilihan dan tipe mobil,” lanjut Hadi.

Baca juga:  Gratis Biaya Jasa Balik Nama Kalau Beli Mobkas di Sini

Sedangkan untuk layanan sewa bus, varian bus yang tersedia beragam, dari bus kecil 13 kursi sampai dengan bus besar berkapasitas 59 kursi.

Lain halnya dengan aplikasi IBID Live Auction yang menawarkan pembaruan sistem lelang, memungkinkan peserta berpartisipasi pada sebuah lelang secara online dan real time, tanpa harus hadir di lokasi.

Fitur-fitur pada website dan aplikasi IBID diantaranya beli Nomor Peserta Lelang (NPL) online, real time notification/tracking transaction process, membandingkan beberapa mobil sekaligus, dan melihat tampilan foto 360 untuk bagian interior mobil.

Fitur ini juga memberikan batasan harga, sehingga peserta bisa mengikuti lelang sesuai dana yang dimiliki.

“Kami berharap aplikasi dan tampilan baru website kami bisa menjadi solusi bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan transportasi serta pembelian kendaraan seken dengan lebih nyaman, mudah, cepat, dan aman,” tutup Firman. [dp/MTH]