92% Produk Hankook Asal Cikarang di Jual ke Pasar Global

Hankook Tire Indonesia resmi menggelontorkan produk baru Ventus Prime3.

JAKARTA (DP) – Produsen ban asal Korea Selatan, PT Hankook Tire Indonesia lebih banyak menjual produk ke pasar global ketimbang pasar domestik.

“Penjualan ban rakitan lokal di pabrik Cikarang sebesar 92% diperuntukan bagi pasar luar negeri alias diekspor. Sisanya, hanya 8% dijual untuk pasar Indonesia,” kata National Sales Manager PT Hankook Tire Indonesia, Apriyanto Yuwono di Jakarta, Rabu (15/5).

Untuk pasar ekspor, menurut Apriyanto, ada 180 negara tujuan yang menjadi pasar produk Hankook buatan pabrik Indonesia. Terutama di Eropa dan Amerika.

“Pabrik kami punya kapasitas yang mencukupi untuk memenuhi semua pasar baik ekspor maupun domestik. Ada 180 negara mayoritas tujuan Ekspor di Eropa, Amerika, midle east, Asia dan produknya buatan Indonesia,” papar dia.

Sedangkan kapasitas produksi di pabrik Cikarang, lanjut Apriyanto, sangat besar.

“Kapasitas pabrik di Cikarang kurang lebih 12 jutaan setahun,” ujar Apriyanto.

Baca juga:  Hankook Pasarkan Ban Murah Mulai Rp600 ribu Hingga Rp1 juta

Apriyanto menambahkan, alasan lebih banyak menjual produknya untuk ekspor ketimbang pasar domestik, karena memang Hankook awalnya lebih dikenal oleh pasar global.

“Hankook awalnya lebih dikenal di dunia secara global. Memang kami sudah masuk ke beberapa OEM global terutama Eropa dan Amerika,” tuturnya. [dp/PNB]