Ertiga Berlogo Toyota Siap Lahir ke Dunia


NEW DELHI (DP) – Setelah beredar gambar dan konfirmasi bakal kelahiran hatchback Suzuki Baleno berlogo Toyota dengan nama Glanza, kini pasar siap menyambut kedatangan model anyar Toyota lain hasil perkawinan dengan Suzuki.

Kemitraan antara Toyota dengan Suzuki tampaknya semakin agresif melahirkan model-model baru berpenampilan kembar layaknya kolaborasi Toyota-Daihatsu yang menghasilkan beberapa model kembar, yakni Avanza-Xenia, Calya-Sigra dan Agya-Ayla.

Toyota Glanza adalah model pertama yang hadir dari kemitraan itu, dan berikutnya adalah MPV berbasis Suzuki Ertiga. Untuk model berlogo Toyota sejauh ini belum diketahui namanya, tapi beberapa media di Negeri Hindustan telah menebar beberapa gambar rekaannya.

Seperti Toyota Glanza yang mengambil basis dari Suzuki Baleno, Ertiga versi Toyota ini juga diprediksi tak banyak ubahan, kecuali sentuhan pada desain gril dan bumper depan.

Untuk versi Toyota, sepertinya juga bakal dibenamkan sejumlah fitur keselamatan dan pemanja pengemudi khas Toyota. Langkah ini sebagai upaya membedakannya dari Suzuki Ertiga. Meski hal itu akan berakibat pada terdongkraknya harga.

Baca juga:  Perburuan Perdana Toyota di Ajang Reli Terganas di Dunia

Untuk Suzuki Ertiga yang beredar sekarang adalah generasi kedua, yang mengalami ubahan besar baik pada eksterior maupun interior, termasuk mesin bensin baru 1.5 liter SHVS.

Bagi Toyota, penggunaan model Ertiga untuk MPV anyar mereka di pasar India, tentu diharapkan dapat menguatkan pangsa pasarnya. Pasalnya, Ertiga menjadi salah satu model terlaris di India, sementara Toyota tak punya produk di segmen yang berada di bawah Toyota Innova itu.

Untuk segmen MPV premium India, Innova meraih pangsa pasar cukup kuat. Di negeri itu, nama Toyota lebih berkibar untuk model Innova dan Fortuner, sedangkan model lain masih kurang.

Kembali ke low MPV kembar berbasis Suzuki Ertiga, Toyota mengambil pendekatan yang sama seperti dilakukan pada Glanza. Ertiga berlogo Toyota ini nantinya juga akan memiliki fitur dan kelengkapan lebih tinggi dibandingkan model milik Suzuki, termasuk paket garansi lebih dari 2 tahun.

Baca juga:  Wah...Toyota Siapkan Mobil Terbang Mirip Helikopter

Jika Toyota mendapatkan pasokan hatchback, low MPV dan crossover dari Suzuki untuk diubah menjadi model berlogo Toyota, maka Suzuki akan mendapatkan Toyota RAV4 dan Corolla Wagon EV untuk disematkan logo S. [dp/TGH]