Dua Peluru Terbaru Audi-VW Meluncur di GIIAS 2019


JAKARTA (DP) – PT Garuda Mataram Motor (GMM), pemegang merek Audi dan Volkswagen di Indonesia, siap mendatang produk baru di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Juli mendatang. Kedua merek mobil asal Jerman bakal memboyong dua produk SUV.

Jonas Chendana, Chief Operating Officer PT GMM, mengatakan produk-produk itu adalah VW Tiguan Allspace dan Audi Q8. Jonas berjanji kedua mobil ini mulai diniagakan di semester kedua tahun ini.

“Saat ini SUV merupakan salah satu pilihan utama konsumen Indonesia. Karena itulah kami melengkapi jajaran SUV Audi dan VW dengan memperkenalkan Q8 dan Tiguan Allspace pada GIIAS nanti,” ujar Jonas, Kamis (23/5).

Jonas mengklaim meski Q8 belum resmi diperkenalkan, namun dia mengaku keran pemesanan telah dibuka sejak 2018, saat dilakukan pertemuan dengan para konsumen Audi.

“Responnya positif, hampir 10 unit sudah terpesan oleh konsumen Audi di Indonesia. Kami minta kuota ke Jerman kalau bisa 30-an unit,” tambahnya.

Baca juga:  Akhirnya Toyota-Isuzu Sepakat 'Pisah Ranjang'

Sayangnya Jonan enggan untuk menyebutkan kisaran dari banderol SUV bermesin bensin V6 3.000 cc ini. Namun dia berharap harga tidak jauh berbeda dengan Q7 yang saat ini dilepas seharga Rp 2,4 miliar.

Audi Q8 memiliki karakter sebuah SUV mewah 4 pintu yang dipadukan dengan kepraktisan meski bodinya melar ketimbang Q7. Panjangnya 4,99 meter, dengan lebar dua meter dan tinggi 1,71 meter, namun dengan jarak sumbu roda hampir 3 meter.

Tampilan depan Q8 terlihat berotot dengan desain dua batang grille dibalut krom yang menonjol dilengkapi spoiler dan lubang udara besar.

Model ini menggunakan sistem penggerak empat roda yang mampu mengalirkan tenaga ke empat rodanya melalui differential tengah yang mendistribusikan tenaga 40:60 ke sumbu roda depan dan belakang.

Sistem MMI dapat diakses melalui dua layar utama di tengah dashboard. Pertama adalah layar utama 10,1 inci untuk kendali hiburan dan navigasi, dan layar kedua 8,6 inci tepat di depan tuas transmisi guna mengatur AC dan fitur kenyamanan lainnya.

Baca juga:  Sporty, Kesan All New Honda Brio Generasi ke-2

Di balik lingkar kemudi terdapat Audi virtual cockpit berupa layar sebesar 12,3 inci yang menjadi pusat informasi untuk sang pengemudi.

Dengan kubikasi mesin di atas menghasilkan tenaga 340 daya kuda dan torsi 500 NM. Tenaga dan torsi disalurkan ke semua roda via transmisi otomatis delapan percepatan Triptonic.

VW Tiguan Allspace

Selain Q8, PT GMM juga akan memboyong generasi kedua Tiguan yakni Allspace, untuk membidik konsumen pecinta petualangan yang gemar melakukan perjalanan bersama keluarga, baik di dalam kota hingga ke pelosok.

Sesuai namanya, Allspace, SUV ini menawarkan kabin yang lapang berkat platform modular transverse matrix (MQB) yang diusungnya. Hal itu dibuktikan dengan jarak sumbu roda yang 77 mm lebih panjang dibanding generasi sebelumnya.

Kapasitas bagasi saat seluruh bangku ditegakkan adalah 230 liter, namun saat bangku baris ketiga dilipat, kapasitasnya mencapai 700 liter, dan saat kedua baris bangku belakang terlipat, kapasitas terdongkrak menjadi 1.775 liter.

Baca juga:  Wuling Almaz Goda Warga Medan dan Bandung

Tiguan Allspace dibekali mesin 1.4 TSI dengan tenaga 150 bhp dan torsi 250 Nm, dipadukan transmisi otomatis 6-speed kopling ganda (DSG) plus triptonic.

Dapur pacu itu memberikan kemampuan akselerasi 0 – 100 km/jam dalam waktu 9,5 detik dan kecepatan puncak hingga 202 km/jam. [dp/MTH]