MINI Cooper SE Pamer Kekuatan, Sanggup Tarik Pesawat Boeing 777F


FRANKFURT (DP) – Sebelum menuju bulan-bulan terakhir 2019, MINI akan melahirkan model anyar bertenaga listrik. Bahkan pabrikan mobil Inggris ini sudah mulai mempromosikan model pertamanya yang tak lagi mengusung mesin konvensional itu.

Kita tahu bahwa belakangan sudah ada beberapa model mobil listrik yang digadang-gadang memiliki performa mumpuni dengan mempertontonkan kemampuannya menarik pesawat terbang, salah satunya dilakukan oleh Tesla.

Tak mau kalah dari pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat tersebut, MINI pamer kekuatan Cooper SE bertenaga listrik dalam menarik pesawat kargo yang memiliki ukuran dan bobot beberapa puluh kali lebih besar.

Tepatnya pada Jumat, 31 Mei 2019, MINI menggiring Cooper SE yang diselimuti pelapis untuk kamuflase ke sebuah bandara di Frankfurt, Jerman. Di sana, Cooper SE bukan untuk menguji kemampuan ngebut atau bermanuver ekstrem, tapi lebih dari itu, yakni menarik pesawat kargo Boeing 777F yang bobotnya mencapai sekitar 150 ton.

Baca juga:  Toyota-BYD Makin Akrab Bikin Mobil Listrik

Dengan kemampuan menarik sebuah pesawat, diharapkan dapat memberikan gambaran nyata kepada publik betapa performa dan kemampuan MINI Cooper SE bukanlah sekadar klaim di atas kertas.

MINI Cooper SE bertenaga listrik itu sendiri akan mulai diproduksi pada November dan akan menandai masuknya brand asal negerinya Ratu Elizabeth itu ke segmen mobil listrik.

Belum terungkap spesifikasi resmi dari Cooper SE, tapi diperkirakan motor listrik yang digendongnya mampu menghasilkan tenaga 184 HP dan torsi 270 Nm. Untuk baterainya, yang dibuat oleh perusahaan asal China, CATL, diklaim memiliki daya jelajah hingga 235 km, lumayan memadai untuk menjelajahi kawasan perkotaan. [dp/TGH]