BMW dan MINI Pakai Kacamata Pintar Percepat Perbaikan


LOS ANGELES (DP) – Mungkin Anda pernah merasakan waktu menunggu yang terlalu lama ketika melakukan perbaikan mobil di bengkel. Apalagi bila kerusakan yang terjadi begitu rumit, pasti perbaikannya butuh waktu yang lebih lama lagi.

Sadar bahwa itu bakal mengganggu kenyamanan konsumen, BMW North America melakukan terobosan dengan menggunakan kacamata pintar bernama TSARAVision Smart Glasses.

Kacamata khusus ini dalam waktu dekat akan digunakan di seluruh dealer BMW dan MINI di Amerika Serikat. Cara kerja kacamata ini adalah dengan memberikan kesempatakan kepada para teknisi untuk berkomunikasi dengan para pakar dan insinyur BMW North America. Dengan kacamata itu, teknisi akan menampilkan tayangan video yang dapat disaksikan langsung oleh para insinyur.

Di sisi lain, para insinyur BMW juga dapat mengirimkan skematik dan instruksi detail via kacamata pintar sehingga dapat memudahkan kerja dan mempercepat waktu perbaikan. Teknisi juga dapat membuka dan melihat dokumen via perintah suara saat melakukan perbaikan.

Baca juga:  Siaga di Tol Fungsional, Pertamina Operasikan 63 KiosK Pertamax

Selain kacamata pintar, jaringan dealer BMW dan MINI di Negeri Paman Sam juga akan menggunakan Technical Information System TIS 2.0. Platform multimedia ini dikembangkan berdasarkan masukan dari para teknisi.

Sistem ini akan memudahkan karyawan dealer mengakses informasi teknis untuk seluruh model BMW dan MINI melalui perangkat mobile apapun. Artinya, para karyawan cukup membuka smartphone mereka dan melihat segala sesuatu tentang pekerjaan yang dibutuhkan, sehingga tak perlu berhenti bekerja dan membuka komputer desktop.

Tak hanya itu, dealer BMW dan MINI akan menggunakan sistem pelaporan kasus online terbaru yang diberi nama TSARA. Dalam keterangan tertulisnya, BMW mengatakan sistem anyar ini cukup intuitif dan memiliki antarmuka yang ramah pengguna, sehingga diharapkan dapat mempercepat proses perbaikan dan perawatan kendaraan hingga rata-rata sebesar 70-75 persen. [dp/TGH]