Pengujian Bahan Bakar B30 Ditargetkan Tempuh 40 Ribu Km


JAKARTA (DP) – Pertamina mendukung Pemerintah dalam mendukung penggunaan bahan bakar B30 pada kendaraan bermesin diesel. Pengujian bahan bakar tersebut pun resmi dimulai Kamis (13/6) kemarin di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jakarta.

Seremoni Road Test B30 ditandai dengan pelepasan keberangkatan 3 unit truk dan 8 unit kendaraan penumpang berbahan bakar B30, yang dilepas secara resmi oleh Menteri ESDM Ignatius Jonan.

Seperti dilansir dari situs resmi ESDM, Menteri Jonan mengatakan bahwa road test B30 ini bukan uji jalan saja, melainkan juga sebagai ajang promosi.

“Promosi kepada masyarakat bahwa penggunaan bahan bakar B30, performa termasuk akselerasi kendaraan tidak turun dan perawatannya tidak memakan biaya tambahan yang besar,” kata Jonan.

Uji coba campuran biodiesel 30% pada bahan bakar solar ini ditargetkan menempuh jarak sejauh 40.000 km sampai 50.000 km. Pengujian ini sekaligus ingin membuktikan bahwa penggunaan B30 pada mesin diesel tidak mempengaruhi kinerja mesin.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menuturkan, sebagai pemegang mandat pemerintah terkait program Biodiesel, Pertamina mendukung penuh uji jalan ini dengan menyediakan produk Solar sebanyak 66,5 KL.

“Salah satu dukungan kami adalah turut aktif mensosialisasikan program biodiesel yang diamanatkan kepada pertamina, selain menyediakan bahan bakar B30 untuk diuji coba pada 3 unit truk dan 8 kendaraan berpenumpang mesin Diesel,” jelasnya.

Lebih lanjut Fajriyah mengatakan, infrastruktur Pertamina telah sanggup untuk melayani penyaluran B20 ke masyarakat, namun untuk penyaluran B30 masih dlbutuhkan beberapa upgrading.

“Saat ini kami memiliki 111 Terminal BBM yang siap untuk mendistribusikan B20, sedangkan titik pencampuran FAME dilaksanakan di 29 titik pencampuran yaitu 26 TBBM dan 3 kilang”, tambahnya.

Dalam uji coba tersebut, kendaraan penumpang akan menempuh rute Lembang-Cileunyi-Nagreg-Kuningan-Tol Babakan-Slawi-Guci-Tegal-Tol Cipali-Subang-Lembang, dengan jarak tempuh 560 km per hari.

Sedangkan unit uji coba truk menempuh rute Lembang – Karawang – Cipali – Subang – Lembang, sejauh 350 km per hari. [dp/MTH]