Kawasaki KLX 230R Resmi Diluncurkan, Khusus Pecinta ‘Aspal Merah’

Kawasaki KLX230R resmi dipasarkan KMI mulai Juni dengan harga Rp48,9 juta.

JAKARTA (DP) – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) terus mempanjang pilihan konsumen pada produk enduro-nya di Tanah Air. Usai meluncurkan KLX230 akhir Mei, KMI kembali merilis motor dual purpose terbarunya yakni KLX230R.

Motor yang diklaim KMI khusus untuk pemakaian di ‘aspal merah’ ini dibanderol dengan harga Rp48,9 juta OTR Jabodetabekser. Adapun warna yang ditawarkan hanya satu varian saja, yakni Lime Green.

Peruntukkan KLX230R sebagai off-road murni tersebut dikarenakan motor ini tidak dilengkapi peranti berkendara standar, seperti spion, lampu depan dan belakang, lampu sein, hingga dudukan pelat nomor.

Selain itu, panel instrumen juga tidak disematkan pada kokpit. Styling KLX230R mengacu pada mesin Kawasaki KX motocross yang gesit. Tampilan agresifnya cocok dengan kecakapan trail-riding-nya.

Secara dimensi, motor ini memiliki panjang 2.045 mm, lebar 840 mm, dan tinggi 1.200 mm. Sementara jarak poros rodanya sepanjang 1.360 mm, dengan ground clearance 300 mm.

Sektor dapur pacu memang menyusupkan platform yang sama dengan KLX230, yaitu menggendong mesin satu silinder berkapasitas murni 233 cc SOHC berpendingin udara. Namun lontaran tenaga dan torsi yang dikeluarkan disesuaikan dengan peruntukkannya.

Spesifikasi Kawasaki KLX230R

Sebagai perbandingan, tenaga KLX230 ‘standar’ mencapai 18 hp dengan torsi maksimal 19,8 Nm, sementara untuk KLX230R menghasilkan tenaga 19,7 hp dan torsi puncak 20,6 Nm pada 6.000 rpm, yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6-percepatan.

Luapan tenaga dan torsinya yang besar itu tentunya sebagai modal untuk menerabas medan yang terjal. Berdasarkan data di atas kertas pada keterangan resmi KMI, KLX230R punya hentakan torsi yang baik pada putaran bawah hingga menengah.

Sementara untuk peranti lainnya seperti sektor kaki-kaki hingga sektor pengereman sama dengan model KLX230. Uniknya lagi, KLX230R tetap dipasangkan elektrik starter plus engine cut-off untuk memudahkan rider. [dp/MTH]