Tingkatkan Fokus, Rio Haryanto Berlatih Gokart


JAKARTA (DP) – Jelang digelarnya balap Blancpain GT Asian Challenge seri ketiga akhir pekan ini, di Suzuka, Jepang, Rio Haryanto terus mempersiapkan diri. Selain melakukan olahraga, ada satu kegiatan yang menurutnya bakal melatih skill.

Pasca menjalani libur Lebaran, Rio melakukan latihan menggunakan gokart. Kegiatan ini dipilih dalam rangka meningkatkan konsentrasi, ketahanan dan juga fokus saat di trek nanti.

Sejatinya, aktivitas ini sudah menjadi hobi bagi Rio, dan baginya dengan olahraga gokart memerlukan reaksi cepat. Selain itu, Rio juga berlatih menggunakan teknologi simulator.

Dilengkapi tiga layar serta konsol yang menyerupai kendaraan aslinya, memungkinkan pengguna untuk melihat dan merasakan sensasi berkendara di trek secara real.

Rio Haryanto saat melakoni balap Blancpain GT Asian Challenge di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Selain kedua kegiatan di atas, persiapan fisik juga tidak dilupakan. Di sini Rio berlatih cardio, strength hingga latihan refleks.

“Seperti biasa saya tetap rutin olahraga untuk menjaga stamina. Terkadang saya juga bermain badminton atau pingpong untuk melatih reflex dan afility,” ucap Rio, dalam rilis yang diterima Dapurpacu.id, Rabu (19/6) lalu.

Baca juga:  Samsul Bertekad Budayakan Tertib Berkendara di Indonesia

Terkait lintasan, bukan pertama kali Rio menjajal Sirkuit Suzuka. Rio pernah menjajal trek Suzuka di 2016 lalu dan mempelajari lintasan dengan menonton video balap dan berkomunikasi dengan tim teknis.

“Untuk persiapan mental, saya pelajari trek Suzuka dari video-video balap dan komunikasi dengan tim. Dengan ini saya merasa lebih tenang dan siap menghadapi race yang akan datang,” pungkas Rio. [dp/MTH]