Tampil di GIIAS 2019, Ini Spesifikasi New BMW Seri 3


JAKARTA (DP) – BMW Indonesia telah memastikan menampilkan BMW Seri 3 terbaru di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang, 18-28 Juli. Adalah varian 330i M Sport yang bakal memanaskan perhelatan tahunan milik Gaikindo tersebut.

Generasi ketujuh BMW Seri 3 dengan kode bodi G20 ini menawarkan penyegaran pada tampilan sehingga diklaim sosoknya semakin sporti, dinamis, canggih dengan fitur-fitur terkini, plus kemewahan khas Bavarian.

Perdana tampil di Tanah Air, sejak debutnya di Paris Motor Show 2018 lalu, dibekali ‘amunisi’ cukup mumpuni. Mesin BMW Twin Turbo 4-silinder 2.000 cc menghasilkan output 258 hp dengan torsi puncak 400 Nm.

Peningkatan 6 hp dan torsi 50 Nm dibanding mesin pendahulunya merupakan optimalisasi sistem mesin BMW TwinPower Turbo terbaru. Selain itu, bodi lebih ringan 55 kg berkat penggunaan material aluminium pada sasis dan bodi.

Baca juga:  Auto2000 Janjikan Program Penjualan 'Asyik' Untuk New Calya

Mesin ini dikombinasi dengan transmisi otomatis streptonic 8 kecepatan, menghasilkan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,8 detik. Sementara tingkat efisiensi bahan bakar diklaim mencapai 16,4 km/liter.

Dari sisi kelengkapan fitur, sedan ini menerapkan teknologi semi-autonomous. Sedangkan fitur keamanan aktif berupa Lane Departure Warning, Pedestrian Warning dengan fungsi City Braking. Pada versi terbaru yang terpasang bahkan sudah mendeteksi kedatangan pesepeda.

Adanya Park Distance Control dan Park Assist sangat memudahkan pengemudi saat parkir kendaraan. Adapun fitur terbaru yang terpasang adalah Reversing Assistant.

Fitur tersebut dapat menyimpan manuver kendaraan untuk jarak hingga 50 meter dengan mengarahkan kendaraan mundur di sepanjang garis yang persis sama dengan yang baru saja diambil ketika bergerak maju.

Masuk ke interior, head unit berukuran 8,8 inci menjadi yang utama dalam memberikan hiburan sepanjang perjalanan. Sementara layar lain berukuran 5,7 inci di instrumen cluster.

Baca juga:  DFSK Glory i-Auto Mulai Menyapa Indonesia Timur

BMW Live Cockpit Plus menambahkan fitur-fitur seperti Touch Controller, sistem navigasi, dua port USB untuk transfer data dan juga mengaktifkan sistem Apple CarPlay dengan kendali yang lebih menyatu dengan kendaraan.

Saat sistem Apple CarPlay telah terkoneksi, perangkat seluler dapat diletakkan pada wireless-charging pad yang terletak pada konsol tengah sehingga memudahkan penggunaan secara dua-arah.

Sayangnya, pihak BMW Group Indonesia, yang diwakili oleh Direktur Komunikasi BMW Group Indonesia Jodie O’tania, belum menyebutkan harga resmi dari unit tersebut.

“Model ini akan kami hadirkan di pameran GIIAS nanti, dan saat ini kami perkenalkan untuk diperlihatkan kepada rekan-rekan media,” pungkas Jodie, disela-sela preview New BMW Seri 3, beberapa waktu lalu. [dp/MTH]