Hino Indonesia Bidik Pengemudi Bermental dan Skill Sempurna


TANGERANG (DP) – Kontes ketangkasan dan kelihaian untuk para pengemudi truk-bus Hino bertajuk National Hino Dutro Safety Driving Competition, telah memasuki tahap puncak penyelenggaraannya, sejak kompetisi ini digulirkan pada 2017 oleh PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI).

Sebanyak 20 finalis dari 1.500 orang pengemudi yang berasal dari 850 perusahaan di 20 kota, bakal bertarung menunjukkan kelincahan dan keahliannya mengatasi seluruh tantangan di babak pamungkas tersebut.

“Tujuannya agar para pengemudi mendapat pengalaman berharga ilmu mengemudi yang aman dan benar dan dapat mereka bagikan ke rekan pengemudi lainnya. Nantinya akan tercipta pengemudi truk yang aman berkendara sesuai peraturan,” ucap Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI, disela pembukaan acara, Rabu (17/7).

Kayanoki menambahkan, selain mengedepankan produk dan layanan purna jual, Hino juga berupaya bertanggung jawab menciptakan komunitas pengemudi yang sadar keselamatan dan lalu lintas aman.

Baca juga:  BMW iNEXT, Crossover Listrik yang Bisa Nyetir Sendiri

“Kesadaran pengemudi ini akan berujung pada peningkatan profit bisnis pelanggan dan keselamatan di masyarakat,” imbuh Kayanoki.

Kontes sendiri berlangsung di pusat pelatihan PT HMSI Jatake – Tangerang, Banten, 17-19 Juli. Para finalis pun ditantang untuk menyelesaikan beberapa pengujian yaitu tes ketrampilan mengemudi, tes ketelitian, dan tes berkendara hemat bahan bakar.

Adapun tantangan pada skill tes berupa jalan zig–zag melewati cone-cone tanpa menyentuh sama sekali, jalan menyempit dan juga di test untuk ketelitan dalam melihat area yang tidak terlihat atau blind spot.

Peserta juga wajib mengikuti tes tertulis mengenai keselamatan berkendara, daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving dan tanda rambu lalu lintas.

Tiga kategori pemenang bakal diperebutkan oleh para finalis yaitu Skill Driving Champion, Economical Driving Champion, Safety Driving Knowledge Champion, Juara Favorit dan Grand Champion National Hino Safety Driving Competition.

Baca juga:  MPV 7-seater, Model Pertama Maxindo Renault Indonesia

Hadiah jutaan rupiah pun telah menanti untuk para pemenang yang menuntaskan kontes tersebut dengan nilai tertinggi dan sempurna.

Santiko Wardoyo, Direktur HMSI, menuturkan bahwa kontes ini sekaligus sebagai ajang edukasi kepada para pengemudi truk atau bus untuk menumbuhkan kesadaran akan keamanan dan keselamatan berkendara.

Sebab, lanjut Santiko, untuk kendaraan komersial, cara mengemudi serta pemeliharaan yang tepat dapat memberikan keuntungan dan kesejahteraan pengemudi juga pemilik armada.

“Mereka para pengemudi merupakan tulang punggung dalam bisnis perusahaan. Melalui edukasi yang berkesinambungan dan terarah sesuai dengan tujuan dari pemerintah dalam keselamatan berkendara, inilah bentuk kepedulian kami selain hanya menjual truk dan bus saja,” tuturnya.

“Edukasi ini terus kami lakukan dan berkelanjutan demi keselamatan berkendara yang aman di jalan. Untuk itu kami ingin mereka pulang kerumah dengan selamat,” pungkas Santiko. [dp/MTH]