Indonesia Negara ASEAN Pertama Penikmat Mitsubishi Outlander PHEV


JAKARTA (DP) – Indonesia negara pertama di ASEAN yang akan segera menikmati mobil masa depan Mitsubishi. Mobil ramah lingkungan bernama Outlander PHEV (Plug in Hybrid Electric Vehicle) tersebut akan diluncurkan secara resmi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang akan dibuka Wakil Presiden Republik Indonesia, M. Jusuf Kalla di Nusantara Hall, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Serpong, Tangerang, Kamis (18/7) hari ini.

Meski pemerintah belum mengeluarkan regulasi yang mengatur mobil ramah lingkungan, termasuk mobil listrik, namun Mitsubishi ingin memulai lebih awal. “Tujuannya ingin memperkenalkan teknologi mobil listrik Mitsubishi kepada masyarakat Indonesia, bukan mengejar target penjualan,” kata Chairman of Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko yang sengaja datang ke Jakarta untuk menghadiri pembukaan GIIAS 2019.

Disebutkan, Mitsubishi akan meluncurkan Outlander PHEV secara resmi dengan harga sekitar Rp 1,2 milyar. “Tapi harga pastinya akan kami umumkan pada konprensi pers besok (hari ini, Red) di GIIAS 2019,” tambah Masuko dalam konprensi pers yang berlangsung di Jakarta, Rabu (17/7) tadi malam.

Baca juga:  Lexus UX Hybrid Anyar, Tempuh 100 Km Cuma Minum BBM 5,3 Liter

Indonesia, tambah Masuko, sangat beruntung karena menjadi negara pertama di ASEAN yang segera menikmati kendaraan pintar dari Mitsubishi. Ke depan, Mitsubishi  tidak hanya menghadirkan mobil listrik sebagai alat transportasi, tetapi bisa juga untuk kebutuhan lainnya. Seperti di Jepang, contohnya, Outlander PHEV dapat berfungsi menjadi sebuah generator yang menjadi sumber tenaga listrik untuk perangkat dalam rumah.

Outlander PHEV resmi diperkenalkan secara global pada 2013 dan telah dipasarkan di lebih dari 50 negara di dunia. Hadir dengan teknologi plug-in hybrid – yang merupakan perpaduan mesin gasoline 2,4 L, motor dan juga baterai. Teknologi yang digunakan pada kendaraan ini tidak hanya menggunakan elektrik sebagai tenaga utamanya. Tapi juga sistem penggerak motor yang terintegrasi sedemikian rupa dengan baterai dan mesin yang menjadikan kendaraan ini dapat melaju di kecepatan maksimal.

New Outlander PHEV ini dihadirkan dengan tiga mode berkendara, yakni EV Drive Mode, Series Hybrid Mode dan Parallel Hybrid Mode. Pada mode EV Drive, motor menggerakkan kendaraan dengan tenaga listrik dari baterai yang membuat tidak ada konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 yang membuat kendaraan menjadi senyap, bersih dan bertenaga.

Baca juga:  Apartemen Mewah Ini Punya Garasi di Tiap Unitnya

Sedangkan, Hybrid Driving Mode dibagi menjadi 2 mode. Pertama, Series Hybrid Mode merupakan perpaduan mode elektrik dan mesin. Mesin bensib 2,4 L akan menghasilkan listrik jika baterai lemah dan menambah tenaga saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi atau menanjak.

Pada Parallel Hybrid Mode, mesin bensin akan melaju dengan bantuan motor saat kendaraan membutuhkan ekstra tenaga (saat kecepatan tinggi atau saat efisiensi mesin tinggi).

Dengan instalasi khusus, kendaraan ini dapat diisi ulang dengan tenaga listrik yang tersedia di rumah para pemilik. Tidak hanya menggunakan tenaga listrik sebagai tenaga utamanya, bahkan kendaraan ini juga dapat menjadi generator sebagai sumber tenaga listrik untuk perangkat lainnya.

Didukung dengan struktur kerangka mobil yang tangguh dan juga dilengkapi dengan sistem Super All Wheel Control (S-AWC) yang merupakan sistem kendali teintegrasi dari Mitsubishi Motors, menjadikan produk ini aman untuk melintas di berbagai medan.

Baca juga:  Tunggu 'Sengatan' Toyota C-HR Tahun Depan!

Dengan penjualan global yang telah mencapai lebih dari 200.000 unit, kendaraan ini dinobatkan sebagai World Best-Selling Plug-in Hybrid Vehicle serta Europe’s Best-Selling Plug-in Hybrid vehicle secara berturut-turut sejak 2015-2018. Selain itu, Outlander PHEV juga mendapat skor 5 (lima) Bintang dari ASEAN NCAP.

Apakakah Anda tertarik, yuk! mampir ke Booth Mitsubishi di Hall 2C saksikan kehadiran New Outander PHEV. [Dp/GTM]