Suzuki Jimny Generasi Terbaru Resmi Dipasarkan


TANGERANG (DP) – Rasa penasaran pecinta otomotif khususnya para offroader Tanah Air pada Suzuki Jimny akhirnya terjawab sudah. Lewat gelaran GIIAS 2019, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan produk legendaris tersebut, Kamis (18/7).

Kemunculan generasi keempat SUV mungil nan kompak tersebut memang telah wara-wiri di beberapa pameran otomotif di Indonesia. Teka-teki kehadirannya terus didengungkan hingga jagad maya pun gempar beberapa bulan lalu.

Empat varian Jimny terbaru ditawarkan untuk unit yang didatangkan langsung dari Jepang itu, dengan banderol mulai dari Rp315 juta hingga Rp330 juta on the road Jakarta.

Seiji Itayama, President Director PT SIS, mengakui bahwa Jimny telah melegenda dan menjadi bagian dari sejarah otomotif Indonesia. Sejak diperkenalkan tahun 1979, Jimny telah terjual lebih dari 130.000 unit.

“Dan sudah menjadi bagian hidup masyarakat lewat ketangguhan dan performanya di berbagai medan off road. Eksistensi Jimny selalu menempati ruang di hati para penggemarnya dari masa ke masa,” ujar Itayama.

Baca juga:  Suzuki Day Singaraja Berikan Servis Gratis Buat 269 Konsumen

Itayama menilai Jimny generasi keempat itu sangat cocok digunakan untuk kalangan profesional, pecinta kegiatan off-road, dan kalangan penggemar mobil berdesain ikonis tersebut.

“Untuk mengapresiasi para penggemarnya di Indonesia, kami meluncurkan Jimny generasi keempat dengan fitur-fitur modern dan performa berkualitas tapi tetap mewariskan keistimewaan identitas Jimny sebagai mobil off road,” tambahnya.

Jimny terbaru dibekali bodi yang tergolong proporsional, dengan dimensi panjang 3.265 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm. Memenuhi hasrat petualang pemiliknya, ground clearance-nya mencapai 210 mm dengan radius putar 4,9 m.

Dengan lingkar putar tersebut cukup memudahkan pengemudi saat harus bermanuver di area yang sulit ditempuh. Penyangga bodinya yang kompak berupa konstruksi ladder frame, khas mobil pekerja. Sedangkan suspensi yang tertanam 3 link rigid axle yang dilengkapi coil spring.

Layaknya mobil penjelajah, SUV mungil ini telah ditanamkan beragam fitur mumpuni, seperti Hill Hold Control dan Hill Descent Control untuk menaklukan medan tanjakan atau menurun.

Baca juga:  Petinggi Dealer Suzuki Dengarkan 'Curhatan' Pelanggannya

Selain itu, ada juga ELR Seatbelt tiga titik, AC dengan Auto Climate sekaligus heater, ISOFIX, SRS dual airbag serta immobilizer guna mengurangi risiko pencurian tetap menjadi fitur standar keamanan Suzuki yang juga diterapkan pada Jimny generasi keempat.

Performa tangguh dan gesit Jimny disempurnakan dengan tampilannya yang ikonik sekaligus modern. Beberapa ornamen pada eksterior Jimny generasi keempat ini mengadopsi tampilan tiga generasi sebelumnya.

Bentuk fog lamp dan headlamp yang menyerupai bentuk lampu Jimny generasi pertama (LJ80). Perbedaannya, untuk lampu utama ditambahkan LED projector. Lalu dua garis horizontal di sisi kap mesin, terinspirasi dari generasi kedua (SJ410).

Sementara untuk bentuk desain grille depan menyerupai Jimny generasi ketiga (JB77). Terkait performa, sumber tenaga datang dari mesin berkode K15B, basis mesin yang sama dengan Ertiga dan Carry.

Mesin berkapasitas 1.500 cc ini menghasilkan tenaga hingga 102 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak 130 Nm pada putaran 4.000 rpm. Kemampuannya menjelajah hingga ke ‘aspal merah’ berkat mode berkendara 2H, 4H dan 4L.

Baca juga:  Suzuki Gandeng Pebisnis Jualan Produknya

Dua tipe Jimny terbaru ditawarkan yaitu Single Tone dan Two Tone, dengan beragam pilihan warna menarik. Untuk tipe Single Tone tersedia warna Superior White, Silky Silver Metallic, Medium Grey, Bluish Black Pearl 3 dan Jungle Green.

Sedangkan versi Two Tone terdiri dari Kinetic Yellow + Bluish Pearl 3, Brisk Blue Metallic + Bluish Black Pearl 3 dan terakhir Chiffon Ivory Metallic + Bluish Black Pearl 3. [dp/MTH]