X-MOC Jakarta Raya Nikmati Segarnya Sunrise di Taman Nasional Baluran


JAKARTA (DP) – Baru-baru ini beberapa anggota komunitas Xpander Owner Club (X-MOC) Indonesia regional Jakarta Raya menggelar turing dengan rute Jakarta – Bali – Jakarta, 28 Juni – 5 Juli lalu.

Memanfaatkan libur sekolah, rombongan yang berisikan lima perwakilan member ini sepakat melakukan perjalanan tersebut memboyong keluarganya, dengan total 10 dewasa dan 10 anak berumur dibawah 10 tahun.

Family Road Trip 2019 ini dirancang dengan berbagai tujuan, paling utama adalah memupuk kebersamaan antar member dan keluarga. Di sisi lain, bagi Ibnu Iqbal, Doca, Ovie Zainal, Rizky dan Irvan, turing ini menjadi pengalaman pertama bagi mereka.

Perjalanan di hari pertama diputuskan untuk pitstop di wilayah Cirebon, guna menikmati kuliner terkenal disana yakni empal gentong sekaligus beristirahat. Tepat tengah malam, rombongan mulai bergerak menyusuri Tol Trans Jawa arah timur menuju pitstop #2 di Kota Batu, Malang.

Adapun Xpander yang digunakan rombongan terdiri dari varian Ultimate 3 unit dan varian Sport 2 unit. Sepanjang perjalanan, tim tetap menjaga kecepatan aman dan toilet-break setiap 3 jam.

Sunrise menyapa rombongan di sekitar Ungaran, dilanjutkan quick photo session di sekitar Ngemplak. Rombongan meninggalkan Tol Trans Jawa di exit Kertosono. Akhirnya rombongan tiba di Malang, usai menempuh perjalanan selama 14 jam.

Di malam hari, setelah memulihkan energi, rombongan memenuhi ajakan para member X-MOC Malang & Jatim, untuk berkumpul bersama di sebuah restoran terkenal di Kota Batu.

Keesokan harinya, rombongan memutuskan menikmati beragam wahana bermain di Kota Apel tersebut yang berada di Jatim Park 3. Malamnya, Ibnu memimpin rombongan menuju pitstop ketiga, Taman Nasional Baluran Situbondo.

Sunrise in Baluran National Park!

Keindahan Little Africa van Java yang satu ini memang menjadi tujuan utama dari perjalanan lintas Jawa bagi Ibnu dan rekan-rekan. Tepat menjelang sunrise, rombongan tiba di gerbang taman nasional yang berada di kawasan Baluran itu.

Ditemani Polisi Hutan (Polhut) setempat, mereka semburan panas matahari di pagi hari yang cerah di Savana Bekol. Di sana dapat dilihat vegetasi savanna, langit cerah membiru dihiasi awan kapas, dipagari pegunungan (Gn Baluran dan Gn Pasewaran).

Keceriaan anak-anak saat mengeksplorasi ditemani burung-burung, merak, rusa, monyet, dan water buffalo (kerbau liar) yang berkeliaran bebas.

“Kami menghabiskan waktu berkualitas di Savana Bekol dan Pantai Bama. Pengalaman turing luar biasa menikmati indahnya alam Indonesia bersama keluarga!” ucap Irvan.

Tak lama kemudian rombongan mulai meninggalkan lokasi menuju titik terakhir dari turing kali ini yaitu Bali. Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan rangkaian dalam menyambut HUT pertama X-MOC Jakarta Raya pada 1 September mendatang. [dp/MTH]