Ubahan Ekstrem Honda XR 400, Rebut Best of the Best Region Medan


JAKARTA (DP) – Seri pembuka rangkaian Suryanation Motorland Battle tahun ini di Kota Medan, menobatkan motor Honda XR 400 milik Budi Kurniawan dari Afto Motor sebagai Best of the Best Region Medan.

Tak hanya itu, dengan konsep street chopper, motor lansiran tahun 1997 ini juga meraih Juara 1 kelas Chopper/Bobber di atas 250cc. Dengan hasil ini, Budi mengatakan bangga dengan karyanya tersebut dan berhasil menjadi yang terbaik di Kota Medan.

“Saya merasa senang berhasil menjadi yang terbaik disini,” ujar pria kelahiran Pekanbaru itu dalam siaran resminya. “Suryanation Motorland merupakan kontes modifikasi motor yang luar biasa,” tambahnya.

Budi mengaku untuk modifikasi ini dia hanya menyentuh sektor rangkanya saja, karena konsep chopper, sementara mesin tidak disentuh sama sekali alias standar.

Menghadapi final nanti di Jakarta, dia akan memperbaiki beberapa bagian seperti detail krom pada motor. “Kalau cat masih belum kepikiran seperti apa,” sahutnya lagi.

Baca juga:  Hadirkan Custom Motor Menarik, Ribuan Orang Banjiri SML Makassar

Dengan tampilan asli motor trail dan diubah dengan gaya street chopper, menjadi pertimbangan penting bagi dewan juri yaitu Dodi Irhas dan Veroland, untuk memberikan nilai tertinggi untuk motor milik Budi ini.

Detail yang dihadirkan untuk motor ini juga menarik dengan nuansa krom pada bagian sasisnya. Builder internasional Samuele Reali dari Abnormal Cycles yang datang sebagai juri tamu tidak menyangka pesatnya perkembangan dunia custom di kota Medan.

“Ubahan pada motor ini menarik karena DNA dari motor ini bukan bergaya chopper, detailing pada motor ini juga sangat baik sehingga layak mendapatkan nilai tinggi,” ujar kedua dewan juri.

Melihat tampilannya, tampak XR 400 ini berubah total secara penampilan dengan menggunakan rangka custom berwarna krom. Sedangkan bagian tangki dilabur warna dasar merah dengan lidah api berwarna silver.

Bucek dan Ade Habibie Pimpin Rombongan Suryanation Ride
Rangkaian even Suryanation Motorland Battle di Medan diawali dengan perjalanan Suryanation Ride bersama dengan Bucek dan Ade Habibie ke wilayah Tomok, Pulau Samosir, Pematang Siantar dan kembali ke Medan.

Baca juga:  Hadirkan Custom Motor Menarik, Ribuan Orang Banjiri SML Makassar

Di sini, rombongan turing melihat tarian khas Sigale-gale dan juga menengok keindahan pemandangan di wilayah Pematang Siantar, sebelum bergegas kembali di venue di Lapangan Benteng.

Sesampainya di lokasi, telah dipadati ribuan pengunjung yang datang dari kota Medan dan beberapa wilayah sekitar seperti Tanjung Morawa dan Kisaran. Even perdana di kota ini juga sempat dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah.

“Acara seperti ini sangat bagus sekali untuk unjuk kreativitas pecinta roda dua dan mudah-mudahan bisa memberikan tambahan pengetahuan sekaligus sebagai ajang silaturahmi untuk pecinta roda dua di Sumatera Utara,” tutur Musa.

Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Committee, mengakui di seri pembuka di kota Medan kali ini terlihat secara kualitas karya meningkat dari tahun lalu. Kreativitas yang ditampilkan cukup membuat juri kesulitan menentukan menentukan yang terbaik.

“Semoga ini bisa menjadi tambahan semangat juga bagi builder-builder yang akan mendaftarkan karya mereka di seri-seri selanjutnya,” tutup Rizky.

Baca juga:  Hadirkan Custom Motor Menarik, Ribuan Orang Banjiri SML Makassar

Suryanation Motorland selanjutnya akan menyapa pecinta custom dan dunia roda dua di Kota Palembang (3 Agustus), Makassar (7 September), Denpasar (28 September), Surabaya (19 Oktober) dan Jakarta sebagai puncak dari gelaran ini. [dp/MTH]