Membedah Teknologi Smart Assist Anyar Pada New Tanto


TANGERANG (DP) – Salah satu keikutsertaan PT Astra Daihatsu Motor di ajang pameran GIIAS tahun ini adalah menunjukkan keragaman teknologi terkini yang disematkan pada kendaraan. Dan booth Daihatsu yang berada di Hall 2A menampilkan dua karya terbaik insinyur Jepang, yaitu Tanto dan Hy-Fun.

Sebagai line-up kei car Daihatsu dari Jepang, New Tanto, memang menjadi magnet tersendiri di booth selain tentunya produk-produk lain yang telah beredar di pasar Indonesia.

Unit yang telah diluncurkan pada awal Juli lalu di Jepang itu merupakan kendaraan Daihatsu pertama yang menerapkan desain platform terbaru berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang kompatibel untuk 10 tahun ke depan.

Ketertarikan pengunjung pada New Tanto adalah pada teknologi Smart Assist, yang juga diusung oleh mobil konsep HY-Fun. Teknologi keselamatan terkini itu telah diimplementasi di lebih dari 2 juta mobil di Jepang dan Malaysia.

Baca juga:  DFSK Glory i-Auto Mulai Menyapa Indonesia Timur
Dashboard New Tanto yang berkesan elegan dan hi-tech dengan beragam fitur terkini

Sementara untuk generasi terbaru New Smart Assist ini diklaim memiliki sistem keamanan dan keselamatan yang lebih lengkap. Salah satunya mengaktifkan pengereman darurat secara otomatis untuk mencegah benturan.

“Teknologi ini aktif ketika mendeteksi kendaraan lain atau pejalan kaki di depannya sehingga dapat membantu pengendara menghindari atau meminimalisir efek benturan,” demikian rilis dari Daihatsu, Sabtu (27/7).

Sistem pengereman secara otomatis juga aktif saat ada objek di depan atau pun belakang yang disebabkan kesalahan dalam menginjak pedal rem dengan gas. Sistem ini akan aktif baik saat kendaraan melaju ke depan atau pun saat mundur.

New Smart Assist juga dapat mendeteksi dan memberitahu pengemudi saat kendaraan di depan mulai jalan ketika ada antrian lampu lalu lintas, sehingga pengguna dapat kembali berkendara.

Selain itu, sistem ini juga mampu mendeteksi rambu lalu lintas ‘Dilarang Masuk’ yang biasa terdapat pada jalur satu arah, sehingga pengemudi dapat berkendara lebih tenang dan aman.

Baca juga:  DFSK Glory i-Auto Mulai Menyapa Indonesia Timur

Sistem lain yang ada di New Tanto yaitu lane keeping control system, untuk memberikan respon kepada pengemudi ketika mulai kehilangan fokus dan tiba-tiba berpindah jalur.

Teknologi ini memberikan peringatan kepada pengemudi akibat perpindahan jalur tiba-tiba yang tidak disengaja, juga membantu mengembalikan stir kemudi kembali ke posisi semula secara otomatis.

Untuk penerangan, teknologi ini juga dibekali dengan adaptive high-beam, cocok bagi pengendara yang sering berkendara di malam hari menuju area gelap yang membutuhkan lampu penerangan yang lebih tanpa takut membuat silau pengendara lain dari arah berlawanan.

Terkait visibilitas, teknologi ini juga dibekali dengan empat sensor kamera yang memberikan monitor panorama lebih luas di segala arah pada layar.

Fitur ini sangat berguna ketika pengemudi berada di persimpangan dan ingin menyeberang namun tidak dapat melihat karena terhalang objek, baik dari depan dan belakang, sisi kanan dan kiri, maupun tampilan atas kendaraan (helicopter view).

Baca juga:  DFSK Glory i-Auto Mulai Menyapa Indonesia Timur

Semakin lengkap fitur ini juga disematkan parking assist yang dapat membantu parkir pengemudi secara otomatis. [dp/MTH]