Pangsa Pasar Daihatsu Masih ‘Survive’ Secara Nasional


DAPURPACU – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil meningkatkan pangsa pasar secara nasional sepanjang periode Januari – Juli 2019, ditengah terpuruknya pasar otomotif selama periode tersebut.

Pada periode itu, penjualan otomotif nasional mencatatkan angka 570 ribu unit untuk wholesales, turun sekitar 13,7%, sementara retail sales meraih angka 587 ribu unit, juga merosot hingga 11% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dengan hasil itu, Daihatsu mampu bertahan ditengah himpitan pasar otomotif yang melemah, dengan peningkatan pangsa pasar baik wholesales (17,5%) maupun retail sales (17,2%).

Daihatsu Sigra masih menjadi kontributor terbesar penjualan sepanjang Januari-Juli 2019.

Meski begitu, Daihatsu tidak menampik mengalami penurunan penjualan sepanjang periode itu, bila dibandingkan tahun sebelumnya, di mana total retail sales mencapai 100.831 unit, dan whole sales sebesar 100.036 unit (112.983 unit/2018).

Dari kedua perolehan penjualan itu, Sigra masih mendominasi penjualan. Selama periode Januari-Juli, Daihatsu Sigra terjual secara retail sebanyak 29.923 unit (30%), diikuti Gran Max (PU) 19.658 unit (19%), dan Xenia 14.102 unit (14%).

Baca juga:  Sompo Insurance Berikan Rasa Aman Buat Konsumen Bosowa Berlian Motor

Untuk penjualan retail Ayla, dan Terios berada di kisaran angka lebih dari 12 ribu unit dengan kontribusi sekitar 12-14%. Disusul oleh Gran Max (MB) 8.256 unit (8%) dan kombinasi Luxio, Sirion, Hi-Max sebanyak 3.007 unit (3%).

“Di tengah lesunya pasar mobil Indonesia yang turun 11,1%, kami bersyukur Daihatsu turun hanya 9,6%, sehingga secara market share Daihatsu naik 0,3% menjadi 17,2%,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM. [dp/MTH]