Sopir Truk ini Bakal Berkunjung ke ‘Rumah’ Volvo Truck di Swedia


DAPURPACU – 10 finalis ‘Volvo Trucks Driver Challenge 2019’ akhirnya dipertemukan kembali untuk menentukan siapa yang terbaik dalam keterampilan mengemudi dan efisien menggunakan bahan bakar, yang berlangsung di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Kamis (15/8) lalu.

Digawangi oleh Volvo Truck Indonesia dan PT Wahana Inti Selaras, kompetisi ini bertujuan lebih memperhatikan pengemudi truk dan memperkuat pentingnya keahlian dan kompetensi pengemudi.

“Tidak hanya menjadi ajang adu kehebatan berkendara bagi para sopir truk, tapi juga sebagai sarana pelatihan untuk mereka,” ujar Bambang Prijono, CEO PT Wahana Inti Selaras.

“Ajang ini mengumpulkan berbagai tantangan yang biasa dihadapi pengemudi truk setiap hari. Keahlian mereka seringkali menjadi faktor penentu bagi produktivitas dan profitabilitas pelanggan kami,” tambahnya.

Ke 10 finalis mengendarai dump truck Volvo FMX 400 6X4R dan FMX 480 6X4T semi-trailer dengan panjang lintasan sejauh 5 km yang telah dibagi menjadi 2 sisi; sisi luar berfokus pada efisiensi bahan bakar dan sisi dalam menekankan pada keterampilan mengemudi dimana pengemudi harus bermanuver menaklukan sejumlah rintangan.

Baca juga:  Kompetisi Adu Irit Truk Ala Volvo Truck Indonesia

“Mengemudikan kendaraan berat memerlukan keterampilan, namun mengendarai truk dengan efisien merupakan seni, sopir agar bisa mengefisienkan bahan bakar,” tutur Jurn Terpstra, Direktur Volvo Trucks Indonesia, di tempat yang sama.

Menurut Terpstra, secara global, jumlah pengemudi terlatih cukup sedikit dan diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan peran pengemudi truk yang diyakini berdampak langsung pada profitabilitas perusahaan.

Terkait penilaian dalam kompetisi ini, tim juri didasari pada efisiensi bahan bakar, kemampuan manuver, dan keamanan. Pemenangnya adalah pengemudi dengan poin gabungan tertinggi dari sisi luar maupun sisi dalam.

 

Akhirnya, Hermansyah dari PT Mandiri Herindo Adiperkasa Kalimantan Timur dinobatkan sebagai juara pertama babak final Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2019.

Hermansyah berhak mendapatkan hadiah piala dan juga perjalanan ke markas Volvo di Gothenburg, Swedia, pada November 2019, bersama dengan pemenang lainnya dari seluruh dunia.

Baca juga:  KTB Donasikan 1 Unit Mitsubishi Fuso Kepada ACT

Untuk juara kedua diraih oleh Irvan Ardianto dari PT Karunia Armada Indonesia, Kalimantan Timur, dan juara ketiga direbut Catur Andoko dari PT Hasnur Riung Sinergi, Kalimantan Selatan.

Sebagai informasi, hingga memasuki penyelenggaraan ke 12 ini, total sekitar 2.400 sopir truk yang berpartisipasi dalam ajang tersebut. [dp/MTH]