Hino Gelar Road Test Tiga Produk Unggulan di Bandung


DAPURPACU – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menggelar road test Hino Bus RN 285, FC Bus dan Microbus 110SDBL untuk sejumlah Pengusaha Otobus (PO) di area Jawa Barat, Kamis (15/8) lalu.

Dengan menggandeng dua dealer resmi Hino di Jawa Barat, yaitu PT Indosentosa Trada dan PT Maya Graha Indah, kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 70 pengusaha otobus yang bergerak dibidang transportasi antar kota maupun pariwisata.

Mengambil rute dari Hotel Holiday Inn Pasteur menuju kawasan Lembang, road test ini dilakukan untuk mengenalkan fitur atau pengembangan terbaru dari FC Bus, berupa penggunaan pelek yang lebih besar dari sebelumnya, yakni 8.25 R16 menjadi 9.5 R17.5.

Adanya ubahan ini membuat gap antara brake drum dan velg menjadi lebih besar, sehingga sirkulasi udara panas pada ban menjadi lebih baik, sekaligus meminimalisir kejadian ban pecah saat di kendarai.

Baca juga:  Hadir di IEMS 2019, Hino Hybrid Siap 'Telan' Biodiesel B30

Tak hanya itu, saat ini FC Bus telah menggunakan ban radial tubeless sehingga lebih mudah dalam perawatan dan lebih hemat biaya karena tidak harus mengganti ban dalam.

Sedangkan untuk Microbus 110 SDBL kini hadir dengan bodi jumbo untuk menambah kenyamanan bagi penumpang, karena jarak antar tempat duduk dapat diatur lebih luas sehingga penumpang tidak mudah lelah selama perjalanan.

Dengan dimensi rangka lebih panjang membuat kapasitas penumpang menjadi lebih banyak hingga 19 tempat duduk. Selain itu dengan rangkanya yang panjang membuat karoseri dapat mendesain bodi bus dengan bagasi yang lebih luas.

Ini menjadi solusi terbaik untuk transportasi terutama travel atau pariwisata dalam mengangkut barang-barang wisatawan yang banyak, hingga mampu memuat 21 koper berukuran sesuai dengan yang diperbolehkan dalam kabin pesawat.

Di sisi lain, road test ini dijadikan sebagai ajang memperkenalkan transmisi baru tipe ZF6S1010B0 over drive pada Hino Bus RN 285, yang diklaim lebih bertenaga dan hemat bahan bakar dalam pengoperasian.

Baca juga:  Hadir di IEMS 2019, Hino Hybrid Siap 'Telan' Biodiesel B30

Hino Bus RN 285 saat ini juga dibekali Retarder Transmission yang membantu proses pengereman menjadi lebih aman dan nyaman bagi penumpang dan juga pengemudi.

Keunggulan lainnya, mengurangi lelah pengemudi karena frekuensi mengijak pedal rem yang berkurang sehingga berdampak juga terhadap penghematan penggunaan kanvas rem untuk menghemat biaya operasional pengusaha bus.

Bus RN sendiri diklaim merupakan bus andalan di jalur Trans Jawa, yang dirancang dengan kualitas dan tingkat efisiensi yang tinggi. Hal itu dibuktikan dari pengujian Hino Bus RN 285 dari Terminal Pulo Gebang, Jakarta, sampai Terminal Purbaya, Surabaya, pulang pergi.

Hasilnya menunjukkan dengan kapasitas oli yang lebih sedikit sangat handal digunakan di jalur tol tersebut, karena temperatur oli tetap stabil dan tidak panas.

Bahkan temperatur selama pengetesa dibawah nilai standar flash point temperatur yang ditetapkan, sehingga bus ini cocok digunakan sebagai transportasi jarak jauh seperti rute tol trans jawa.

Baca juga:  Hadir di IEMS 2019, Hino Hybrid Siap 'Telan' Biodiesel B30

“Bus-Bus Hino selalu kami optimalkan untuk memberi nilai lebih bagi pengusaha bus, sehingga para customer dapat memaksimalkan keuntungan untuk kemajuan bisnis mereka sekaligus meminimalkan biaya operasional,” kata Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI, dalam siaran resminya, Jumat (16/8). [dp/MTH]