Ini Panduan Tema Kompetisi Toyota Fun/Code | dapurpacu.id

Ini Panduan Tema Kompetisi Toyota Fun/Code


DAPURPACU – Kompetisi Toyota Fun/Code memang ditujukan bagi masyarakat khususnya kaum millenial yang berminat dan berbakat pada bidang Information Technology (IT).

Para peserta pun ditantang untuk mengeksplor kreativitasnya untuk membangun aplikasi yang mampu memberikan nilai tambah lebih kepada masyarakat dan pelaku industri otomotif, termasuk Toyota.

Untuk merancang aplikasi, peserta dapat memilih salah satu sub tema yang ditetapkan yaitu Eco Driving, Education, Ownership Experience, Value Chain & Trade-in serta Disability. Ini rinciannya :

1. Tema Eco Driving, diharapkan peserta dapat mengembangkan aplikasi atau inovasi teknologi berbasis web yang bisa meningkatkan kemampuan pengemudi agar efektif, efisien, dan ekonomis. Aplikasi ini akan berdampak positif terhadap penurunan emisi CO2 atau environmental sustainability.

2. Tema Education, akan muncul aplikasi seperti safety driving apps atau safety driving gamification untuk membuat mengemudi menjadi lebih aman dan menyenangkan.

3. Tema Ownership Experience, dapat mendorong peserta dalam membangun aplikasi yang akan meningkatkan pengalaman penggunaan kendaraan sehari-hari menjadi lebih mudah, lebih aman, nyaman, dan memudahkan orang untuk memiliki kendaraan dan layanan Toyota baik sebelum membeli maupun sesudah pembelian (aftersales service).

4. Tema Value Chain & Trade-in mengarahkan peserta membuat aplikasi yang mendukung penyatuan atau sistem integrasi pelayanan, mulai dari saat konsumen memilih kendaraan, saat memiliki kendaraan, sampai saat menjual atau menukar kendaraannya, termasuk dalam soal pembiayaan dan asuransi.

5. Tema Disability diproyeksikan akan muncul aplikasi atau web yang bisa memudahkan mobilitas penyandang difabel, seperti saat parkir atau mengakses tempat-tempat tertentu, misalnya seperti toilet.

Tema ini menjadi salah satu bagian terpenting karena merupakan wujud semangat Toyota untuk selalu menyediakan kendaraan terbaik bagi semua, termasuk kalangan difabel.

Penilaian dilakukan tim juri yang berasal dari TAM dan profesional start up dan industri teknologi, antara lain Vikra Ijas (Chief Product Officer Kitabisa.com), Norman Sasono (Chief Technology Officer DANA), dan Alfred Boediman (Managing Director Samsung Research Indonesia).

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada bulan November dengan total hadiah sebesar Rp 100 juta untuk 3 peserta terbaik. Pendaftaran bisa melalui https://toyotafuncode.id/register, dan akan ditutup pada 3 Oktober 2019.

Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto berharap berbagai sub tema dalam kegiatan Toyota Fun/Code ini, akan lahir aplikasi unggulan yang menjadi inovasi bisnis otomotif.

“Melalui ajang kompetisi ini akan lahir para start-up untuk menginspirasi generasi muda lainnya dalam menghadapi tantangan era industri 4.0,” pungkasnya. [dp/MTH]