Andalkan Traga, Isuzu Kuasai Pasar Medan


DAPURPACU – Isuzu Indonesia melaporkan hingga semester I 2019, total penjualan lini produk komersial yang ditorehkan telah mencapai 11.303 unit. Jumlah ini diklaim naik 8,1% dibandingkan tahun 2018, ditengah penurunan pasar sebesar 10,8%.

Dari jumlah itu, Isuzu Elf menjadi penyumbang terbesar dengan penjualan 6.165 unit, diikuti Traga yang mengisi segmen kategori pickup medium sebanyak 2.671 unit. Lalu di kategori 3 dan 5 yang dihuni GIGA mendulang angka penjualan 2.467 unit.

“Pertumbuhan ini tidak lepas dari kepercayaan customer kepada produk Isuzu yang semakin meningkat. Efisiensi dalam bisnis berupa hematnya bahan bakar dan perawatan kendaraan adalah kunci untuk bisa bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin ketat,” ucap Attias Asril, General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia, dalam siaran resminya.

Attias mengaku bahwa produk-produk Isuzu di Indonesia terus dikembangkan sesuai kebutuhan pebisnis Indonesia. Dengan strategi ini, lanjutnya, Isuzu Traga berhasil meraup 16,4% market share dalam waktu 1 tahun, atau bertumbuh sekitar 250%.

Baca juga:  Astra Isuzu Serahkan Program Santunan Sopir Kepada Pelanggan

“Begitu juga dengan meningkatnya permintaan pada Isuzu Elf dan GIGA. Saat ini, kami memegang kepercayaan 21,2% konsumen truk di Indonesia, dengan kata lain dari lima konsumen, satu orang disana adalah konsumen Isuzu,” tambah Attias.

Untuk mendekatkan lagi dengan konsumen, Isuzu Indonesia berkolaborasi dengan Adira Finance menggelar sejumlah kegiatan promo di sejumlah daerah di Tanah Air, yang dikemas dalam even ‘Pesona Indonesia’.

Even ini sendiri berlangsung sejak awal Agustus lalu hingga akhir Oktober mendatang. Salah satu daerah yang disambangi adalah Medan, Sumatera Utara. Di provinsi ini, Isuzu mengklaim menguasai pangsa pasar sebesar 20,5%.

Bahkan di Kota Medan sendiri, populasi lini produk komersial Isuzu khususnya truk ringan menggapai 33,5%. Di kota ini, Isuzu menggelar acara fleet gathering, sekaligus mendengarkan segala kebutuhan konsumen.

“Semoga dengan kegiatan ini, makin membuat ikatan customer dan Isuzu makin dekat, sehingga Isuzu bisa selalu menjadi part of customer dimanapun dan kapanpun,” tutup Attias.

Baca juga:  Astra Isuzu Serahkan Program Santunan Sopir Kepada Pelanggan

Sebagai informasi, jaringan purna jual Isuzu berupa partshop telah tersebar di Indonesia hingga 2.403 outlet, di mana hampir setengah berada di Pulau Sumatera.

Selain itu, keberadaan bengkel mitra sebanyak 128 bengkel, ratusan bengkel berjalan, serta field advisor yang standby 24 jam siap melayani apabila customer memiliki masalah operational kendaraan Isuzu. [dp/MTH]