Michelin Segera Pasarkan Pilot Sport 4 SUV di Indonesia


DAPURPACU – Pertumbuhan segmen kendaraan SUV yang makin masif di Indonesia memancing berbagai pabrikan ban untuk menggelontorkan produk ban terbarunya. Tak terkecuali bagi Michelin, yang resmi memperluas varian Pilot Sport Series dengan memperkenalkan Pilot Sport 4 SUV.

Peluncuran ban khusus untuk kendaraan di segmen SUV berjenis high ultra performance (UHP) ini dilakukan di Sirkuit Sepang, Malaysia, beberapa waktu lalu yang diinisiasi di tingkat regional untuk pasar Asia, termasuk Indonesia.

Ban ini diklaim memberikan grip sempurna dalam semua kondisi jalan, baik kering maupun basah dalam keadaan kecepatan tinggi sekalipun. Selain itu, ban yang ditujukan untuk SUV 4×4, compact, medium, premium dan sport ini dibekali masa pakai lebih panjang.

Head of Marketing Consumer Products Indonesia Michelin Indonesia, Roslina Komalasari mengatakan segmen SUV menunjukkan tren peningkatan yang cukup baik dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi ini juga mengalir dengan diluncurkannya beberapa model premium di Indonesia.

Baca juga:  Hankook Tire Alami Peningkatan 3 Persen di Dunia

“Pasar SUV Indonesia makin bertumbuh bahkan kemunculan produknya makin beragam, mulai kelas menengah hingga ke performa mesin tinggi. Trend ini menghadirkan tantangan baru bagi para desainer kami,” ujar Roslina, dalam siaran resminya.

Dia menuturkan kejelian Michelin akan perkembangan SUV di Tanah Air memunculkan ide untuk merilis lagi beberapa varian baru, yang diyakini bakal diserap positif oleh konsumen di Indonesia.

“Kami telah mengadaptasi ban agar lebih baik menangani titik pusat gaya berat yang lebih tinggi dan berat kendaraan SUV yang juga lebih besar pada umumnya. Pilot Sport 4 SUV memungkinkan pengemudi memanfaatkan potensi maksimal mobil mereka, sehingga meningkatkan keselamatan dan kepuasan berkendara,” tambahnya.

Desain tapak dibuat asimetris, di mana bagian luar tapak ban optimal untuk kondisi kering, sedang bagian dalam untuk kondisi basah. Alurnya dirancang agar tapak lebih kaku dan tercipta traksi lateral.

Baca juga:  Hankook Tire Alami Peningkatan 3 Persen di Dunia

Turut disusupkan teknologi ‘Dynamic Response’, sebuah sabuk dengan penguat hybrid yang terbuat dari bahan aramid dan nilon. Compound tapak mengandung senyawa baru dengan “elastomar fungsional” dan silika tipis untuk menambah daya cengkeram pengereman di jalan basah.

“Michelin Pilot Sport 4 SUV hasil dari pengembangan dari para desainer bannya. Tidak heran ban ini mengubah standar dan menduduki peringkat nomor satu di kelasnya,” kata Product Marketing Manager Michelin Indonesia Fachrul Rozi.

Dari hasil pengujian yang dilakukan oleh TÜV SÜD independen di Jerman menunjukkan jarak pengereman dalam kondisi baru dan permukaan aspal kering adalah 1,8 meter atau lebih pendek dari rata-rata para pesaingnya.

Sedangkan di permukaan basah jarak pengereman 3,15 meter atau lebih pendek dari para pesaing. Hasil tersebut dilakukan TÜV SÜD dengan mengadu Michelin Pilot Sport 4 SUV dengan enam kompetitornya.

Perbedaan jarak pengereman membesar saat membandingkan ban aus. Jarak pengereman dari ban bertapak asimetris ini 5,2 meter lebih pendek dibandingkan dengan rata-rata para pesaingnya.

Baca juga:  Hankook Tire Alami Peningkatan 3 Persen di Dunia

Michelin Pilot Sport 4 SUV dijadwalkan segera dipasarkan di Indonesia dengan berbagai ukuran mulai dari ukuran pelek 17 inci hingga 23 inci. Namun Michelin Indonesia mengaku stok yang tersedia kelak bakal difokuskan untuk diameter 19 inci sampai 21 inci. [dp/MTH]