Suguhan Acara Makin Menarik di IDE 2019 | dapurpacu.id

Suguhan Acara Makin Menarik di IDE 2019


DAPURPACU – Kesuksesan terus menyelimuti gelaran Indonesia Diecast Expo (IDE) hingga memasuki kali kelima penyelenggaraannya tahun lalu. Di tahun ini, pesta para kolektor dan pecinta mobil berukuran ‘super’ mini ini kembali dihelat dan menjanjikan program yang dikemas lebih menarik.

Kembali digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan, 26 – 27 Oktober nanti, dengan ruangan berbeda yakni di Hall 3A, juga bakal mendatangkan bintang tamu yang istimewa dari dunia diecast.

Menempati area seluas 5.000 m2, IDE 2019 bakal menampilkan konten acara yang lebih dari sekedar ajang jual beli diecast, tapi benar-benar menjadi gelaran dunia diecast dengan ekosistem terlengkap dan terbesar di Tanah Air.

Paling menarik adalah even tahun ini direncanakan dihadiri desainer senior Hot Wheels asal Amerika Serikat, Brendon Vetuskey. Desainer dengan karya Hot Wheels Bel Air Gasser ini akan menjadi salah satu bintang tamu The 6th IDE 2019, selain sederet tamu diecaster asal mancanegara lainnya.

Feldani Effendy, Public Relations IDE 2019, mengatakan kesuksesan penyelenggaraan selama lima tahun berturut-turut menjadi pembuktian even ini merupakan tolok ukur industri diecast Tanah Air.

“Hal ini juga semakin menguatkan bahwa industri diecast merupakan industri kreatif yang potensial di Indonesia,” ujar Feldani, dalam keterangan resmi yang diterima Dapurpacu.id.

Tamu istimewa lain yang bakal hadir adalah Jun Imai, eks-desainer Hot Wheels dengan karya Datsun Bluebird 510, serta Christian Coujin yang merupakan pemilik museum Porsche RWB (RAUH-Welt Begriff). Direncanakan mobil dalam skala 1:1 milik Coujin juga bakal dihadirkan di sana kelak.

Ragam diorama pesawat juga bakal ditampilkan.

Pria yang akrab disapa Deni ini menuturkan pihaknya telah melakukan beberapa kegiatan terkait pameran sejak awal tahun yang dikemas dalam ‘Road to IDE 2019’ di beberapa kota besar di Indonesia.

Tidak hanya di dalam negeri, even ini juga digaungkan di Malaysia, Singapura dan Thailand. Team IDE 2019 juga berpartisipasi di gelaran komunitas antara lain South Tangerang Community Gathering, Mercedays Bandung 2019, Mini Day Bandung 2019, Autovaganza 2019, Jamnas VW 2019, dan Isee Fest 2019.

Ragam konten acara menarik juga bakal disuguhkan kepada pengunjung, khususnya kolektor diecast, mulai dari lomba balap diecast, hingga lomba custom diecast dengan desain yang atraktif.

Mobil ‘diecast’ skala 1:1 bakal memeriahkan IDE 2019.

Paling menarik perhatian, tentunya, beragam diorama mobil-mobil diecast dan miniatur pesawat serta kereta berbagai model bakal ditampilkan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sejak pertama kali digelar pada 2014, diklaim total transaksi yang terjadi terus menunjukkan tren yang meningkat. Begitu juga dengan pengunjung yang makin melonjak setiap tahunnya.

Sebagai informasi, pada pameran IDE 2014 tercatat pengunjung yang hadir mencapai 10.742, sementara di tahun lalu membukukan total pengunjung sebanyak 13.335 orang.

Khusus tahun ini, IDE bekerja sama dengan komunitas Gasser Diecast Community (GDC) mengadakan acara dinner bersama Brendon Vetuskey. Setiap peserta yang mendaftar akan mendapatkan souvenir langsung dari Brendon Vetuskey berupa mobil ’55 Bel Air Gasser CODE 3 Edisi Terbatas yang hanya dibuat 100 buah.

Jenis mobil CODE 3 ini sangat istimewa karena dalam sejarah diecast dalam negeri baru pertama kali ini diluncurkan di Indonesia.

“IDE 2019 tak sekadar menampilkan koleksi diecast. Bahkan kegiatan makan malam (Dinner) kemungkinan bisa menjadi langkah awal untuk menghadirkan ajang bergengsi tingkat dunia yaitu Hotwheels Collector Convention di Indonesia,” pungkas Deni.

Sebagai sebuah tradisi yang dilakukan sejak IDE pertama, pada IDE 2019 kali ini juga akan mengumpulkan donasi dari para kolektor, komunitas, dan pengunjung yang hadir. Seluruh unsur pendukung IDE telah sepakat untuk senantiasa mendonasikan sebagian koleksinya untuk dilelang.

Jumlah yang terkumpul akan disalurkan seluruhnya kepada yayasan yang telah ditunjuk pihak penyelenggara. [dp/MTH]