Seremoni Megah Sambut Peserta Turing ADV Satu Hati Jelajah Nusantara | dapurpacu.id

Seremoni Megah Sambut Peserta Turing ADV Satu Hati Jelajah Nusantara


DAPURPACU – seremoni meriah di dealer Astra Motor Cokro menjadi penutup seluruh rangkaian kegiatan turing ‘ADV Satu Hati Jelajah Nusantara’, yang digagas penuh oleh Astra Motor Bali, Senin (28/10) lalu. Seluruh peserta mendapat kalungan bunga Gumitir dari para manajemen Astra Motor Bali.

Gegap gempita peserta turing yang terdiri dari 12 perwakilan komunitas Honda ADV Indonesia (HAI) Chapter Bali beserta awak media, menggema diseantero lingkungan dealer yang berada di Jl. HOS Cokroaminoto no. 80, Denpasar.

Perjalanan sejauh 1.430 km berhasil dituntaskan oleh peserta, dengan membawa misi menyambangi berbagai lokasi eksotik di Lombok, Sumbawa serta Bima. Titik 0 KM menjadi persinggahan terakhir dari turing tersebut.

Dalam sambutannya, Manager Honda Customer Care Astra Motor Bali I Gede Partayasa mengatakan perjalanan ini memang untuk menunjukkan berbagai destanasi yang ada di Pulau Lombok dan Sumbawa, yang terus mendapat perhatian dari para turis asing yang datang. Dengan dieksplorasinya tempat-tempat tersebut, lanjut Partayasa, membuat ‘melek’ mata masyarakat Indonesia bahwa masih banyak lokasi-lokasi indah di Tanah Air yang harus dikunjungi.

“Kami sengaja memilih rute (Lombok-Sumbawa) ini karena saya yakin belum banyak bikers di Indonesia yang pergi ke sana. Banyak lokasi-lokasi eksotik di kedua wilayah ini yang belum disinggahi, terutama di wilayah NTB. Ada Titik 0 KM yang menjadi tempat sakral layaknya di Pulau Weh, Sabang ,” ujar Partayasa di hadapan peserta turing.

Lebih lanjut dia berharap dengan turing ini para pemilik Honda ADV150 bisa langsung merasakan performa motornya, dengan melintasi berbagai kondisi jalan yang dilewati. Sementara bagi awak media bisa mengeksplorasi seluruh ketangguhan dan fitur-fitur yang ada di skutik anyar tersebut.

“Beragam kondisi jalan di tengah cuaca yang panas ini tentu sudah dilewati peserta. Kami berharap rekan-rekan komunitas HAI mendapatkan benefit positif dari turing kali bahwa Honda ADV150 memang tepat untuk dimiliki,” imbuhnya lagi.

Sekilas perjalanan, rute terakhir perjalanan ‘ADV Satu Hati Jelajah Nusantara’ dimulai dengan mengunjungi satu obyek wisata di Kota Sumbawa yaitu Istana Dalam Kota, setelah sebelumnya melewati jalur panjang Bima – Sumbawa di tengah teriknya matahari.

“Kami ajak kemari sebagai bentuk napak tilas. Karena di Istana Dalam Loka dulunya merupakan pusat Kerajaan Sumbawa. Di sana kita bisa melihat langsung kondisi kerajaan ini dulunya seperti apa,” tutur ungkap Gusti Lanang Oka Pradipta, marketing supervisor Astra Motor Bali.

Berdasarkan pemaparan seorang bikers Honda yang asli Sumbawa, istana menjadi saksi sejarah Kesultanan Sumbawa pada zamannya yakni di tahun 1885. Istana tersebut merupakan hasil prakarsa Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III, yang menjadi Sultan ke-16 dari Dinasti Dewa Dalam Bawa.

Istana yang dibangun dengan bahan kayu ini memiliki filosofi “adat berenti ko syara, syara barenti ko kitabullah”, yang berarti semua aturan adat istiadat maupun nilai-nilai dalam sendi kehidupan tau Samawa (masyarakat Sumbawa) harus bersemangatkan pada syariat Islam.

Lambang keislaman bisa dilihat pada 99 batang kayu besar penopang bangunan yang menjadi lambang Asmaul Husna. Dibangun dengan sistem Baji, seluruh batang kayu tersebuy punya kelenturan yang tinggi apabila terjadi gempa bumi.

Awalnya, Istana Dalam Loka berfungsi sebagai kediaman raja, namun fungsi itu berubah sejak dibangunnya istana baru pada tahun 1932.

Usai melakukan sesi foto, perjalanan berlanjut menuju Pelabuhan Pototano sebagai titik penyebrangan ke Lombok. Setelah itu ke 19 unit ADV150 langsung melesat menuju titik berikutnya di Pelabuhan Kahyangan menuju Pulau bali. Tepat pukul 00.01 WITA, akhirnya rombongan telah mendarat di kapal penyebrangan dan butuh waktu sekitar enam jam untuk sampai di Pelabuhan Padang Bai, Bali.

Keesokan harinya, disela menanti kapal merapat di pelabuhan, seluruh peserta turing melakukan seremoni peringatan Sumpah Pemuda. Perayaan sederhana berupa menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan menggunakan pakaian khas Bali turut memberikan nuansa sakral di pagi hari itu.

Setibanya di Pelabuhan Padang Bai, rombongan langsung tancap gas menuju titik finish di dealer Astra Motor Cokro, untuk melakukan seremoni penyambutan. [dp/MTH]