DAPURPACU – Super Great HDT (Heavy Duty Trucks) pertama di Jepang produksi Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), salah satu produsen kendaraan niaga terbesar di Asia, di bawah naungan Daimler Truck Asia.
Super Great terbaru 2019 ini merupakan HDT pertama di Jepang yang dilengkapi dengan teknologi pendukung kemudi otomatis level 2, setara dengan teknologi pendukung kemudi otomatis dari the Society of Automotive Engineers (SAE). Teknologi pendukung kemudi otomatis level 2 dengan sistem “Active Drive Assist”, serta “Active Brake Assist 5 (ABA®5)” yaitu sistem mitigasi benturan yang dapat secara signifikan dapat mengurangi beban pengemudi, dan dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi mengkombinasikan radar konvensional serta kamera yang dipasang di kaca depan, memungkinkan kendaraan dapat dihentikan secara otomatis sehingga dapat menghindari benturan dan juga menghindari tabrakan dengan pejalan kaki.
“Active Drive Assist” menganalisa kondisi dan jalur jalan berdasarkan pada informasi yang diperoleh melalui kombinasi radar berpresisi tinggi serta kamera yang dipasang di bagian depan kendaraan. Sistem pendukung kemudi otomatis level 2 dapat mengontrol akselerasi, rem, dan kemudi secara bersamaan. Sistem ini dapat berjalan melalui kombinasi sistem control cruise Proximity Control Assist® serta sistem Lane Keeping. “Active Drive Assist” akan membantu mengurangi rasa lelah pengemudi sehingga tetap aman berkendara. Terlebih lagi sistem “Lane Departure Protection” versi terbaru akan membawa kendaraan tetap dalam jalur saat input kemudi memasuki kecepatan 60km/jam atau lebih. Super Great model 2019 juga dilengkapi dengan sistem Intelligent Headlight Control (IHC) secara otomatis mengalihkan lampu agar lebih terang pada saat kondisi gelap, serta lebih redup pada saat kondisi terang, melalui kamera yang dipasang di kaca depan. Fitur ini menghilangkan pengaturan lampu secara manual oleh pengemudi.
Peluncuran Super Great model 2019 merupakan bagian dari strategi Daimler Truck menuju otomatisasi truk level 4. Super Great mengikuti jejak Mercedes-Benz Actros dan Freightliner Cascadia, dan Super Great ini menjadi HDT ketiga yang memiliki fungsi teknologi pendukung kemudi otomatis level 2.
Awal tahun ini, Daimler Trucks telah berkomitmen untuk menginvestasikan 500 juta Euro dalam pengembangan teknologi pendukung kemudi otomatis level 4. Daimler Trucks juga telah meresmikan Autonomous Technology Group, sebuah organisasi global yang mengkoordinasikan penelitian dan pengembangan teknologi kemudi otonom untuk truk-truk di Eropa, AS, dan Jepang. Organisasi ini mengakusisi saham yang cukup besar di TORC Robotics, sebuah startup terkemuka yang berbasis di AS. Komitmen global yang begitu kuat ini memungkinkan Mitsubishi Fuso untuk meluncurkan truk otonom berkemampuan level 4 untuk penggunaan di jalanan umum Jepang begitu regulasinya memadai. *Super Great®, Proximity Control Assist®, ABA®, telah terdaftar sebagi merek dagang MFTBC. [dp/BGS]