Melihat Fitur Kemudi Otomatis Level 2, Fuso Super Great 2019


DAPURPACU –  Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), salah satu produsen kendaraan niaga terbesar di Asia, di bawah naungan Daimler Truck Asia, meluncurkan Super Great model tahun 2019 pada 23 Oktober 2019. Peluncuran Super Great model 2019 merupakan bagian dari strategi Daimler Truck menuju otomatisasi truk level 4.  Super Great mengikuti jejak Mercedes-Benz Actros dan Freightliner Cascadia, menjadi HDT ketiga yang memiliki fungsi teknologi pendukung kemudi otomatis level 2.

Awal tahun ini, Daimler Trucks telah berkomitmen untuk menginvestasikan 500 juta Euro dalam pengembangan teknologi pendukung kemudi otomatis level 4. Sejak itu, Daimler Trucks telah meresmikan Autonomous Technology Group, sebuah organisasi global yang mengkoordinasikan penelitian dan pengembangan teknologi kemudi otonom untuk truk-truk di Eropa, AS, dan Jepang.

Mitsubishi Fuso Super Great 2019

Keunggulan Super Great Model 2019: Sistem “Active Drive Assit”  

■   Sistem “Active Drive Assist”

Sistem “Active Drive Assist” menggabungkan system control cruise adaptif Proximity Control Assist dengan fungsi tambahan untuk mengontrol arah depan dan belakang kendaraan, system start / stop yang mengontrol akselerator, rem dan kemudi, sehingga dengan demikian dapat membantu pengemudi mengoperasikan kendaraan dan berkendara dengan aman.

  • “Lane Keeping” membantu pengemudi tetap berada dalam jalur dengan cara mengendalikan kemudi si seluruh rentang kecepatan. Ini diaktifkan oleh kamera yang mengenali jalur jalan pada saat kendaraan berjalan
  • Jika pengemudi secara tidak sengaja berpindah jalur pada saat kecepatan kendaraan 60km/jam atau lebih, maka sistem”Lane Departure Protection” akan membantu membawa kendaraan tetap dalam jalur melalui input kemudi otomatis.
Baca juga:  Mitsubishi Fuso Luncurkan HDT Teknologi Pendukung Kemudi Otomatis Level 2

*Sistem “Active Drive Assist” bukan sistem kemudi otonom. Ini adalah sistem pendukung kemudi otomatis yang setara dengan SAE Level 2. Pengemudi merupakan agen utama dan tanggung jawab sepenuhnya berada pada pengemudi.

 

■   Active Brake Assist 5 (ABA®5)

ABA®5 mencapai tingkat akurasi yang lebih tinggi dengan mengkombinasikan radar konvensional serta kamera yang dipasang di kaca depan, memungkinkan kendaraan dapat dihentikan secara otomatis sehingga dapat menghindari benturan. Selain itu, akurasi untuk mendeteksi pejalan kaki semakin ditingkatkan sehingga memungkinkan kendaraan dapat menghindari tabrakan dengan pejalan kaki.

*ABA® telah terdaftar merek dagang MFTBC.

 

■   Intelligent Headlight Control (IHC)

Sistem Intelligent Headlight Control (IHC) secara otomatis mengalihkan lampu agar lebih terang pada saat kondisi gelap, serta lebih redup pada saat kondisi terang, melalui kamera yang dipasang di kaca depan.

 

Baca juga:  Mitsubishi Fuso Luncurkan HDT Teknologi Pendukung Kemudi Otomatis Level 2

■   Traffic Sign Recognition (TSR)

Traffic Sign Recognition (TSR), dirancang khusus untuk untuk mendeteksi rambu lalu lintas di Jepang dengan menggunakan teknologi pengenalan gambar dan menampilkan rambu lalu lintas pada layar instrumen.

  • The respective safety systems need to meet certain operating conditions to work properly. Depending on road or weather conditions, there are instances where they may not work as expected.
  • Sistem keselamatan harus memenuhi beberapa kondisi agar dapat berjalan sempurna. Tergantung pada konsisi jalan, cuaca, dll, ada beberapa kondisi dimana sistem ini tidak berfungsi seperti yang diharapkan.

 

■   Truckonnect®*

Truckonnect® merupakan layanan yang memungkinkan pemilik truk dan operator armada untuk memeriksa data operasional truk secara real-time melalui personal computer atau mobile device. Sistem telematik Truckonnect® dipasang pada model keluaran tahun 2017 dan seterusnya, juga ditingkatkan dengan fungsi diagnostic dan penunjuk ara, yang menawarkan pemberitahuan ketika truk memasuki atau meninggalkan area tertentu.

  • Diperlukan aplikasi terpisah untuk layanan TruckConnect
  • Truckonnect® telah terdaftar sebagai merek dagang MFTBC
Baca juga:  Mitsubishi Fuso Luncurkan HDT Teknologi Pendukung Kemudi Otomatis Level 2

Rencananya, Super Great model 2019 akan tersedia melalui perusahaan penjualan MFTBC dan unit penjualan regional di seluruh Jepang mulai Oktober 2019, lalu bagaimana dengan Indonesia?. [dp/BGS]