Daihatsu Rocky Resmi Dipasarkan, Harga Rp284 Jutaan


DAPURPACU – Daihatsu Rocky yang debut di ajang Tokyo Motor Show 2019 lalu, kini telah resmi dipasarkan dengan harga sekitar Rp284 jutaan.

Namun penjualan resmi kembaran Toyota Raize itu baru dilakukan di Jepang. Dari sisi harga, Rocky lebih mahal ketimbang Raize, yang di Negeri Matahari Terbit dipatok di kisaran angka Rp270 jutaan.

Sebelumnya, Toyota lebih dulu memasarkan Raize di Jepang, tak lama setelah gelaran Tokyo Motor Show usai.

Baik Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize sama-sama menggunakan platform anyar DNGA, yang notabene adalah arsitektur turunan yang lebih murah dari platform TNGA racikan Toyota.

SUV kompak yang mengisi posisi di bawah Daihatsu Terios ini memiliki dimensi panjang 3,995 meter, lebar 1,620 meter dan tinggi 1,695 meter. Sementara wheelbase 2,525 meter dan bobotnya hanya 980 kg.

Tapi meski ukurannya kompak, tapi Daihatsu Rocky memiliki tongkrongan gagah ala SUV. Berbeda dengan Toyota Raize yang bentuk gril besar dan melebar ke bawah, gril milik Rocky bentuknya heksagonal, diapit dua lampu utama berbentuk trapesium.

Untuk lampu kabut ditempatkan dalam ‘rumahnya’ yang berbentuk segitiga, dipermanis dengan keberadaan lampu LED DRL dengan posisi vertikal.

Di bagian buritan, Daihatsu Rocky dibekali lampu belakang LED yang bentuknya seolah membungkus sudut bodi. Adapun rumah untuk plat nomor ditempatkan di bumper sehingga terlihat tidak terlalu ramai di pintu belakang.

Daihatsu Rocky mengusung mesin 1.0-liter tiga silinder turbocharged, dengan tenaga maksimum 99 PS dan torsi puncak 140 Nm,yang disalurkan melalui CVT ke roda depan.

Ada kemungkinan duet Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan dipasarkan di Indonesia setelah kedua prinsipal itu diketahui menguji mesin turbo berlapasitas 1.000 cc.

Menarik untuk menantikan persaingan sengit di segmen SUV dan crossover Tanah Air begitu duo kembar ini hadir. [dp/TGH]