Siap Menyambut Toyota GR Yaris, Si Hatchback Berperforma Galak | dapurpacu.id

Siap Menyambut Toyota GR Yaris, Si Hatchback Berperforma Galak


DAPURPACU – Kehadiran Toyota Yaris model teranyar beberapa waktu lalu cukup mengundang perhatian dunia berkat tampilannya yang kian sportif. Dan memasuki 2020, Toyota kembali merilis Yaris versi galak dengan kemampuan layaknya Yaris yang berlaga di ajang reli dunia.

Namanya Toyota GR Yaris, hot hatchback ini terinspirasi dari model reli dan akan resmi melakukan debut dunia di ajang Tokyo Auto Salon pada 10 Januari 2020 mendatang.

GR Yaris dibekali beragam teknologi canggih terkini. Tak hanya itu performa hatchback ini juga banyak ‘meminjam’ dari apa yang diterapkan pada Toyota Yaris yang tampil di World Rally Championship (WRC) di bawah payung Toyota Gazoo Racing (TGR).

Toyota GR Yaris akan menjadi mobil sport murni kedua yang dirilis oleh TGR secara global, setelah sebelumnya meluncurkan sang legenda Toyota GR Supra.

Menurut keterangan resmi Toyota, GR Yaris telah menuntaskan tahapan pengembangan dan model prototipenya bahkan sudah diujicoba langsung oleh Akio Toyoda, yang notabene adalah presiden global Toyota. Uniknya, saat menggeber di sirkuit, Toyoda tak menggunakan nama aslinya, melainkan memakai nama samaran Morizo.

Toyota belakangan ini aktif terlibat di berbagai ajang motorsport melalui TGR. Langkah itu untuk membantu menciptakan mobil dengan performa lebih baik dan untuk memenuhi keinginan para penggemar Toyota yang menggilai ajang motosport.

Pada 2017, Toyota kembali terjun ke ajang FIA World Rally Championship dengan mengandalkan Yaris WRC (World Rally Car), yang berhasil mengemas lima kemenangan dan mengamankan gelar konstruktor. Sukses tersebut berlanjut pada 2019, yang mampu mengunci gelar juara dunia untuk kategori pereli dan navigator.

Tak hanya itu, TGR juga mengukir sukses di ajang FIA World Endurance Championship (balap ketahanan), dengan menggeber Toyota TS050 Hybrid dan memenangi gelar juara untuk kategori pebalap dan konstruktor pada musim 2014 dan 2018-2019. Tim TGR juga tengah memimpin untuk musim 2019-2020.

Pada awal 2019, TGR berhasil membawa Toyota untuk pertama kalinya menjuarai ajang Reli Dakar melalui pereli kawakan asal Qatar, Nasser al-Attiyah, yang mamacu Toyota Hilux. Musim depan, Al-Attiyah juga akan didampingi oleh juara dunia Formula 1 asal Spanyol, Fernando Alonso, yang sebelumnya juga juara balap ketahanan dengan Toyota TS050 Hybrid. [dp/TGH]