Besok, Rekayasa Contra Flow Bakal Diberlakukan di Tol Jagorawi | dapurpacu.id

Besok, Rekayasa Contra Flow Bakal Diberlakukan di Tol Jagorawi

Ilustrasi contra flow

DAPURPACU – Antisipasi kemacetan yang bakal terjadi di ruas Jalan Tol Jagorawi arah Ciawi pada esok hari, atau jelang malam pergantian tahun, Jasa Marga berencana menerapkan rekayasa contra flow.

Irra Susiyanti, Marketing and Communication Department Head Jasamarga Regional Jabodetabek-Jabar, mengatakan langkah ini dilakukan untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas di kawasan wisata sekitar Puncak, Bogor itu.

“Kami telah mengidentifikasi titik-titik yang berpotensi menyebabkan kepadatan di Jalan Tol Jagorawi, terutama yang menuju Puncak atau Ciawi,” kata Irra, dalam siaran resminya, Minggu (29/12) lalu.

Nantinya, sistem lawan arus tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab dan diskresi kepolisian. “Untuk yang menuju Puncak atau Ciawi, jika terjadi kepadatan, atas diskresi kepolisian akan dilakukan contra flow,” tambahnya.

Namun, Irra menuturkan bahwa rekayasa contra flow ini bersifat situasional, dengan titik masuk menyesuaikan kondisi di lapangan. Selama ini, skema lawan arus sudah rutin dilakukan, yakni dari Km 44 sampai Km 46+400.

Selain itu, dia juga berencana mengoperasikan semua gardu di Gerbang Tol Ciawi dan menambah mobile rider (petugas yang membantu transaksi di gerbang tol) demi kelancaran transaksi.

“Itu semua untuk meningkatkan kapasitas di gerbang tol, serta petugas tapping juga kami siagakan pada 31 Desember 2019,” tutur Irra.

Ia menambahkan, dua hari jelang malam tahun baru, volume kendaraan dari arah Jakarta dan sekitar menuju kawasan Puncak, Bogor, masih terus meningkat. Arus kendaraan didominasi roda empat, dan bus wisata.

“Volume kendaraan yang melintas di kawasan tersebut pada esok hari (31/12) kami diprediksi mencapai 29 ribu sampai 30 ribu unit kendaraan,” pungkas Irra.

Pada malam tahun baru, jalur Puncak akan ditutup untuk segala jenis kendaraan mulai pukul 18.00 WIB. Bagi warga yang akan menghabiskan waktu pergantian tahun di Puncak diimbau agar berangkat lebih awal. [dp/MTH]