Inikah Sirkuit Mandalika Milik 'Garuda Merah'? | dapurpacu.id

Inikah Sirkuit Mandalika Milik ‘Garuda Merah’?


DAPURPACU – Indonesia telah memastikan masuk dalam negara penyelenggara gelaran MotoGP untuk musim balap 2021. Pembangunan Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pun terus dikebut guna merealisasikan hajat akbar tersebut.

Beberapa waktu lalu, MotoGP mengunggah video mengenai bagaimana tampilan sirkuit yang berada di selatan pulau itu kelak dalam render 3D. Sirkuit Mandalika menempati lahan 133,1 hektar, dengan kocek yang memakan biaya US$ 3 miliar.

Dengan jarak lintasan sejauh 4,32 km dan 19 tikungan, sirkuit ini juga bakal difungsikan sebagai jalan umum. Daya tampung penonton ditaksir mencapai 150 ribu orang, yang terbagi dalam 50.000 kursi tribun plus area lainnya.

Mengusung tipikal sirkuit jalan raya, Mandalika menjanjikan sesuatu yang menarik dan berbeda dibandingkan sirkuit lain penyelenggara MotoGP, dengan pemandangan pesisir pantai.

Meski bertipe jalan raya, Michael ‘Mick’ Doohan, legenda MotoGP era GP500, sempat menyatakan bahwa Mandalika akan menyajikan hal menarik dan berbeda daripada sirkuit lainnya.

Adapun fasilitas lain yang direncanakan ada di sana meliputi ruang nyaman untuk menampung hingga 7.700 orang, 40 paddock, area pertemuan dan pameran, serta pusat perbelanjaan.

Sirkuit Mandalika digarap oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), yang membangun infrastruktur jalan dan sistem penyerapan air di lintasan (drainase).

Sementara tabg bertanggung jawab pada trek balap dan fasilitas pendukung lainnya, dikerjakan oleh kontraktor asal Perancis, Vinci Construction Grand Projects. [dp/MTH]