Beginilah Amunisi All New Seltos Hadapi Rival | dapurpacu.id

Beginilah Amunisi All New Seltos Hadapi Rival


DAPURPACU – All New Kia Seltos resmi meramaikan pasar medium SUV di Indonesia, yang sudah dijejali ragam produk sejenis mulai dari pabrikan Jepang hingga ‘sang kakak’ sesama pabrikan asal Korea Selatan.

Meski merupakan ‘pemain lama’ di ranah industri otomotif nasional, untuk produk yang satu ini PT Kreta Indo Artha (KIA) sebagai agen pemegang merek Kia di Indonesia, justru tidak main-main untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen setianya.

Ragam amunisi fitur terkini dijejali ke dalam All New Seltos. Bukan tanpa sebab, para rivalnya yang lebih dahulu beredar di pasar otomotif Indonesia, sudah begitu mahfum di mata konsumen meski fitur yang tersedia tergolong ‘biasa’ saja.

Sebagai anggota baru di jajaran model Kia di Tanah Air, Seltos punya segudang keunggulan terutama fitur dibandingkan kompetitornya yakni Honda HR-V 1.5L dan Hyundai Kona, yang pada IIMS 2019 resmi diluncurkan oleh Hyundai Mobil Indonesia.

Dari desain, SUV kompak 5-penumpang ini memperlihatkan ciri khas desain Kia yang semakin berkarakter. Detail sangat diperhatikan dan kembali menegaskan grille ‘Tiger Nose’ sebagai identitas utama.

Kali ini desain di sisi ini menampilkan pola baru. Harmonisasinya lebih menyatu, antara grille besar dengan headlamp berteknologi LED plus fitur Auto Light menyatu.

Bumper depan dirancang agresif agar tercipta sudut approach lebih tajam yang mendukung berkendara off-road ringan. Kesan futuristik tergambar dari lampu kabut LED berbentuk “Ice Cube”. Skid plate depan dan belakang memperkuat unsur sporty.

Tak lupa cladding hitam di sekeliling bodi yang menggambarkan sifat kuat nan berkarakter khas SUV. Coretan garis tegas tampak menghias bagian belakang. Taillight LED dengan ornamen futuristic, menghasilkan pendaran cahaya yang menarik perhatian.

Lubang knalpot ganda sebagai penggambaran performa yang dihasilkan jantung mekanis, melengkapi tampilan eksklusif khas Kia, meski knalpot utama hanya satu di bagian kiri bawah.

Dari tiga varian yang ditawarkan, hanya tipe teratas atau EX Plus yang dilengkapi dengan sunroof. Varian tersebut juga dipersenjatai fitur autolamp dan seluruh lampunya telah menggunakan teknologi LED.

Kesan atletis dan mampu dibesut di ‘aspal merah’ ditunjukkan dengan tinggi ground clearance mencapai 183 mm, plus penggunaan ban berukuran 205/65R16 (E) dan 215/60R17 (EXP dan EX).

Masuk ke kabin, nuansa Eropa begitu kental menguasai atmosfer interior SUV racikan pabrik Kia di Anantapur Distric, Andhra Pradesh, India. O iya, sebagai informasi, All New Seltos yang dijual ke Tanah Air didatangkan secara utuh (Completely Built Up/CBU) dari India.

Lapang dan nyaman, adalah fokus utama Kia dalam merancang interior All-New Seltos. Ruang kepala, kaki dan bahu berlimpah untuk seluruh penumpang. Tidak ada kata sempit bagi penumpang yang duduk di belakang.

Kenyamanan dalam perjalanan jauh selalu terjaga dengan fleksibilitas kursi tinggi dan sandaran yang mampu direbahkan agar duduk makin rileks.

Kemewahan didapat melalui material bermutu tinggi dan detail hingga bagian terkecil. Segala sesuatunya memiliki sentuhan berkelas mengarah ke level premium.

Tengok saja desain joknya, dibalut kulit lembut bercorak kotak-kotak (tipe EXP) dan standar untuk varian E. Desain dashboard asimetris dirancang fokus ke arah pengemudi.

Sentuhan high-tech tampak nyata lewat monitor infotainment dan panel instrumen. Meter cluster Supervision berupa monitor ukuran 7 inci, berisi ragam informasi penting seputar kendaraan.

Pusat sarana hiburan dan komunikasi terpampang jelas di bagian tengah dashboard. Monitor LCD 8 inci berisikan banyak fungsi untuk mempermudah aktivitas mengemudi.

Selain Bluetooth voice recognition, head unit All-New Seltos sudah dilengkapi Apple Car Play dan Android Auto. Layar monitor pun mampu menampilkan visual kamera belakang yang mempermudah proses parkir. Uniknya, fitur ini akan mengikuti arah kemudi.

Kebutuhan akan gawai selama berada di kabin akan selalu terfasilitasi dan tak hanya satu bahkan dua smartphone sekaligus. Tak hanya USB slot dan power outlet 12V, tersedia pula wireless charging untuk mengisi daya smartphone.

Pengaturan Auto Climate memastikan suhu kabin terjaga sesuai keinginan. Udara dingin cepat tersebar rata lewat ventilasi AC belakang.

Tempat untuk menaruh barang bawaan terhampar luas. Bila perlu kapasitas lebih lapang, cukup melipat sandaran kursi belakang. Seketika tercipta lantai rata dan kapasitas bagasi meningkat signifikan.

Kia Seltos mengusung mesin Kappa T-GDI berkapasitas murni 1.353 cc, Dual CVVT Direct Injection. Jantung pacu disandingkan sistem transmisi otomatis 7-percepatan DCT ke roda depan (FWD).

Hasilnya, tenaga mencapai 138 hp pada 6.000 rpm, sementara torsi puncak 242 Nm dicapai pada 1.500 – 3.200 rpm.

Istimewanya, All New Seltos dibekali enam mode berkendara yakni Sport, Eco, Normal, Mud, Snow dan Sand. Pada varian tertinggi juga dilengkapi dengan Cruise Control.

Berbagai fitur keamanan baik aktif maupun pasif dijejali utuh pada mobil ini, mulai dari enam buah airbag untuk pengemudi, penumpang depan, samping dan airbag tirai, hingga Sistem Vehicle Stability Management.

Di dalamnya berisikan Electronic Stability Control dan Hill Start Assist, yang merupakan standar di semua varian. Fitur lain yang tak kalah penting juga tersemat, seperti Anti-lock Braking System, Brake-force Assist, dan Traction Control System.

All New Seltos dipasarkan dalam tiga varian, yaitu E, EX dan EXP, yang ditawarkan dengan harga Rp295 juta untuk varian E, Rp320 juta tipe EX dan Rp355 juta pada tipe EX+ (OTR Jakarta).

Enam pilihan warna menarik ditawarkan yaitu Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan Punchy Orange. [dp/MTH]