DFSK Glory 560 Siap Libas Genangan Air Setinggi Setengah Ban | dapurpacu.id

DFSK Glory 560 Siap Libas Genangan Air Setinggi Setengah Ban


DAPURPACU – Musim hujan di awal tahun ini mulai terlihat kondusif, namun bukan tidak mungkin bayang-bayang banjir masih akan terjadi di bulan-bulan berikutnya, mengingat musim hujan belum lah berakhir.

Perlu diketahui salah satu kondisi yang harus diwaspadai saat melintasi genangan air atau banjir adalah terjadinya water hammer. Belum lagi bila genangan itu menutupi jalan berlubang atau kontur yang tidak rata.

Bayang-bayang adanya komponen yang terimbas dari kondisi ini tentu ada. Paling menghantui adalah masuknya air ke dalam ruang mesin melalui berbagai celah, salah satunya adalah katup hisap udara (air intake) mesin.

Technical Training Division Manager PT Sokonindo Automobile, Sugiartono mengatakan water Hammer adalah air yang masuk ke dalam mesin, khususnya ruang bakar, sehingga di ruang bakar tidak terjadi pembakaran karena terisi air.

“Efeknya sangat fatal karena saat pembakaran terjadi dan air masuk, ritme gerak piston jadi berantakan, saling menghantam dan bisa membuat piston pecah dan stang piston bengkok,” tambahnya.

Baca juga:  DFSK Siagakan Layanan 'Spesial' di Tengah Pandemik Corona

DFSK Glory 560 diklaim memiliki sejumlah keunggulan sehingga mampu melintasi genangan air/banjir. Berkat jarak pijak ke tanah (ground clearance) hingga 200 mm, kondisi di atas terlebih saat banjir, bakal membuat nyaman pemilik mobil.

Dengan ground clearance itu, Glory 560 mampu menerabas genangan dengan ketinggian air sampai setengah ban. Selain itu, dengan dipasangkannya pelek berukuran 17 inci dipadukan ban berdiameter 215/60, tentu rasa was-was akan berangsur hilang.

Berkat besarnya lingkar roda tersebut memberikan kepercayaan diri saat melindas lubang di balik genangan air, plus memperkecil risiko aquaplanning di jalan.

Keunggulan lain dari SUV lansiran Tiongkok ini penempatan dari air intake mesin yang posisinya dibuat lebih tinggi. Insinyur DFSK meletakkannya di atas lampu utama, sehingga posisinya tinggi, dan menghindari air masuk ke dalam mesin yang kemudian beresiko terjadi water hammer.

“Kunci utama perlindungan Glory 560 dari water hammer adalah posisi air intake yang cukup tinggi. Ini akan melindungi serta memperkecil resiko air masuk ke dalam mesin melalui lubang hisap udara,” imbuhnya.

Baca juga:  DFSK Tawarkan Cicilan Ringan Hingga DP 0% Hingga Maret 2020

“Meski demikian, selalu perhatikan dan waspada akan kondisi banjir sebelum melintasinya,” tegas Sugiartono. [dp/MTH]